Breaking

Working

3 Fakta Tentang Tren Bekerja di 2018

Semakin mendekati tahun yang baru akan ada banyak perubahan yang mungkin saja terjadi, termasuk tren dalam bekerja yang menuju ke arah yang lebih dinamis. Apalagi ditunjang dengan pesatnya teknologi serta bermunculannya lokasi-lokasi alternatif untuk bekerja di luar gedung perkantoran konvensional. Dan pada 2018 nanti akan semakin banyak orang yang menjalankan bisnisnya dengan mengandalkan teknologi hingga virtual office. Simak penjelasannya berikut.

1. Co-Working Space untuk Mobilitas Tinggi

Mobilitas tinggi sudah seperti keniscayaan bagi para pelaku bisnis. Karenanya kepraktisan dalam bekerja sudah tidak bisa ditawar lagi. Perusahaan harus lebih fleksibel untuk memberi karyawannya kekeluasaan untuk menyelesaikan pekerjaannya tanpa harus selalu hadir di kantor. Contoh kasusnya, ketika usai meeting Anda terjebak di tengah kemacetan, maka pilihan terbaiknya adalah mencari lokasi co-working space terdekat untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Praktis dan masuk akal bukan?

2. Video Conference dari Lokasi Berbeda

Menyambung penjelasan dari poin di atas, akan lebih baik lagi bila meeting dilakukan dengan Skype, misalnya. Ini akan menghemat banyak waktu dan tentunya juga biaya. Karena video conference memungkinkan Anda melakukan panggilan audio visual dengan 2 orang ataupun lebih dari lokasi yang berbeda-beda dalam waktu bersamaan (multi point). Berbeda dengan aplikasi WhatsApp, Hangout, LINE yang hanya bisa menghubungkan 2 orang (point-to-point)

Bentuk efisiensi seperti ini akan menghemat banyak waktu serta biaya, karena yang terpenting adalah bisnis tetap berjalan meskipun pelaksananya terpencar di berbagai lokasi.

3. Virtual Office untuk Kemudahan Bisnis

Pernahkah Anda membayangkan sebuah kantor yang hanya eksis di dunia maya? Singkatnya Anda bisa “meminjam” alamat kantor tanpa ada  wujud fisik dari kantor tersebut, atau bisa juga semacam menumpang alamat di kantor orang lain.

Strategi ini biasanya digunakan oleh startup yang belum bisa menyewa ruang kantor, namun membutuhkan domisili tetap untuk keperluan perijinan, syarat mendirikan perusahaan hingga meningkatkan image/ branding usaha.  

Iklim bekerja yang sudah semakin mobile ini memberi keleluasaan bagi setiap orang untuk menentukan sendiri metode yang paling pas untuk menyelesaikan tugas kantor maupun urusan bisnis. Dan dalam perjalanannya di tahun-tahun mendatang, tidak tertutup kemungkinan akan semakin berkembang  lagi kemudahan-kemudahan lain dalam bekerja.

 

Baca juga: Benarkah Suara Bising Baik untuk Produktivitas?



Sumber:  berbagai sumber


leave your comments: