Breaking

Profesionalisme

7 Langkah Menyiapkan Pesta Akhir Tahun yang Tak Terlupakan

Liburan Natal & tahun baru sudah semakin dekat, apakah manajemen kantor Anda sudah mempersiapkan acara khusus sebelum menutup tahun? Momen-momen menjelang liburan seperti ini biasanya dimanfaatkan dengan membuat acara atau pesta kantor yang melibatkan semua karyawan. Kali ini kami akan berbagi langkah-langkah apa saja yang perlu dipersiapkan untuk merancang sebuah pesta kantor.

1. Tentukan Tema & Budget Pesta

Tema apa yang kira-kira akan diangkat tahun ini ?, apakah ini standing party, costume party atau ada tema yang lain? Pikirkanlah secara matang karena dari tema inilah baru perencanaan biaya bisa diperkirakan.

2. Pikirkan Dekorasi & Musik

Dua hal yang akan menghidupkan suasana adalah dekorasi dan musik. Persiapkanlah kedua hal ini dengan sangat baik sehingga tamu undangan yang masuk ke ruangan akan berkata ‘wow!’. Pesta Anda akan dianggap berhasil ketika banyak orang yang berselfie di depan dengan latar belakang dekorasi yang Anda rancang.

3. Tetapkan Waktu Pesta yang Tepat

Waktu pesta sebaiknya tidak mengganggu jam kerja maupun waktu pribadi karyawan. Pesta sederhana bisa dilakukan di sela-sela jam makan siang. Sedangkan untuk pesta yang lebih istimewa, lakukanlah di akhir pekan agar karyawan bisa membawa serta keluarganya namun perlu diingat agar tidak menyita banyak waktu pribadi karyawan.

4. Rancang Menu Makanan

Menu makanan biasanya menyesuaikan dengan tema pesta. Bila pesta bersifat casual maka menu makanan bisa berupa snack, namun untuk tema pesta lain bisa saja menyajikan makanan besar. Sebisa mungkin siapkan menu makanan yang sesuai dengan semua orang, agar tidak terbuang percuma. Jika bingung menentukan menu yang pas, susunlah mintalah catering menyusun menu paket lalu distribusikan kepada karyawan untuk memilih.

5. Siapkan Goodie Bag & Door Prize

Suasana pesta akan semakin menarik jika ada reward berupa hadiah. Siapkan goodie bag untuk semua yang datang, isinya bisa bermacam-macam tergantung dana. Bila memungkinkan Anda juga bisa mengajak partner perusahaan untuk menyumbang beberapa hadiah. Siapkan juga hadiah utama untuk pemenang door prize, tidak perlu mahal yang penting bisa menyemarakkan suasana.

6. Pilih Tempat yang Sesuai

Berapa jumlah orang yang akan diundang? Apakah jajaran Direksi juga akan datang? Bagaimana dengan klien? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan sebesar apa ruangan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pesta, termasuk penataan meja dan tempat duduk. Ruangan besar sejenis ballroom bisa dipilih untuk kapasitas luas, atau bila tema pesta lebih casual Anda bisa memilih restaurant sebagai venue.

7. Extras

Bila memang dana masih memungkinkan dan Anda diberi keleluasaan, sewalah fotografer profesional dan buatlah photo booth di mana semua yang datang bisa membawa pulang kenang-kenangan momen tersebut.


Agar persiapan pesta berjalan dengan lancar, tunjuklah beberapa orang untuk ikut membantu karen apekerjaan sebesar ini tidak mungkin Anda kerjakan sendiri. Selamat merancang pesta akhir tahun, dan bersenang-senanglah!

 

 





Sumber:  berbagai sumber


leave your comments: