Breaking

People

Bahasa Tubuh yang Baik Saat Bertemu Orang Baru

Mungkin sebagian dari kita akan merasa takut dan terintimidasi saat bertemu dengan orang baru. Namun sebagian lagi merasa bertemu dengan orang baru adalah petualangan yang seru dan menyenangkan. Tidak dapat dipungkiri, Anda akan selalu bertemu orang baru dalam hidup ini. Maka penting untuk Anda untuk membuat kesan pertama yang hebat. Apalagi dalam kaitannya dengan sebuah pertemuan bisnis. Meemperoleh kesan pertama yang positif tidak selalu mudah, terutama jika Anda berada di lingkungan baru atau tidak yakin harus berkata apa. Namun, ada beberapa tips bahasa tubuh yang dapat Anda gunakan untuk meyakinkan diri Anda tentang penerimaan yang baik, serta membantu Anda terlibat dalam percakapan yang hangat. Untuk itu, cobalah beberapa gerakan atau bahasa tubuh ini saat Anda menghadiri rapat atau meeting atau  kapanpun dimanapun saat Anda bertemu dengan orang baru.

1. The power of pose

Penelitian menunjukkan bahwa "the power of pose" sebenarnya dapat mengelabui otak Anda untuk merasa lebih percaya diri, menghasilkan percakapan yang lebih mudah dan sikap yang lebih tenang. Anda dapat berdiri tegak serta meletakkan tangan Anda di pinggul Anda. Lakukan ini selama 30 detik hingga satu menit. Anda akan masuk ke ruangan pertemuan dengan perasaan yang lebih percaya diri.

2. Pertahankan postur tubuh "terbuka"

Posisi tubuh Anda dapat menyampaikan banyak hal tentang apa yang Anda pikirkan atau rasakan. Jika postur tubuh Anda "tertutup", seperti ketika lengan Anda terlipat atau kepala Anda turun, orang akan berpikir Anda tidak tertarik untuk melakukan percakapan. Namun, jika postur Anda "terbuka", dengan bahu menghadap ke belakang dan ke atas, Anda akan terlihat ramah dan bersahabat.

3. Menyentuhlah bila perlu

Menyentuh seseorang memberi tanda kepada lawan bicara bahwa terjadi koneksi antara Anda dengan rekan bisnis. Tak heran berjabat tangan bisa meninggalkan kesan yang langgeng ketika Anda pertama kali bertemu seseorang. Berikan jabat tangan, dan bila perlu lakukan kontak fisik lainnya, seperti tepukan di bahu. Pastikan untuk menjaga sentuhan terutama saat berinteraksi dengan lawan jenis karena dapat menimbulkan hal negatif daripada positif.

4. Berdiri tegak

Ada beberapa alasan mengapa berdiri tegak dapat membantu saat bertemu orang baru.  Pertama, seperti di point awal, Anda akan merasa tampil lebih percaya diri, dan memberikan Anda ruang untuk masuk ke dalam percakapan. Kedua, Anda secara alami akan memiliki postur yang lebih "terbuka" dan ramah. Hal tersebut akan membnatu Anda untuk bernapas dengan cara yang lebih baik, lebih banyak oksigen ke paru-paru selama percakapan, serta memberikan kekuatan dalam setiap kata-kata yang keluar dari mulut Anda.

5. Lakukan kontak mata

Mata mengkomunikasikan banyak isyarat nonverbal yang beberapa di antaranya mungkin tidak Anda sadari. Ini adalah bagian dari alasan mengapa membuat kontak mata dengan seseorang membuat Anda mempercayai orang yang sedang berbicara dengan Anda. Ini juga menunjukkan Anda memperhatikan, dan bahwa Anda terlibat dalam percakapan. Lakukan kontak mata lebih awal, dan pertahankan kapanpun diperlukan.

6. Tetap diam

Hal ini bukan berarti tetap diam selama pertemuan karena hal itu dapat membuat Anda tampak seperti robot. Namun, Anda harus menghindari gerakan yang menggambarkan kegelisahan atau gerakan yang mengganggu percakapan. Misalnya, mondar-mandir, mengetuk kaki, atau meremas-remas tangan Anda. Gerakan tersebut dapat membuat Anda terlihat gugup dan tidak percaya diri. Sebagai gantinya, cobalah belajar untuk diam dan mengontrol gerakan-gerakan gugup Anda.


Nah, itulah beberapa tips yang dapat berguna untuk pertemuan atau meeting Anda. Selamat mencoba dan tunjukkan rasa percaya diri Anda.



Baca Juga : 6 Manfaat Bertemu Orang Baru



Sumber:  Berbagai Sumber


leave your comments: