Breaking

Profesionalisme

Cara Menangani Kepribadian Yang Berbeda Dalam Meeting

Saat mengikuti meeting, terdapat beragam kepribadian yang biasanya berbeda-beda dalam mengungkapkan pendapat. Menurut penelitian Robert R. McCrae dan Paul T. Costa, Jr., pada tahun 1980-an, dirinya menyatakan terdapat lima ciri kepribadian yang dikenal psikolog sebagai “Lima Besar” yang dapat memberikan penilaian akurat secara ilmiah tentang kepribadian Anda. Anda dapat dengan mudah mengingat sifat-sifat kepribadian ini menggunakan singkatan OCEAN. Berikut penjelasan mengenai OCEAN :

Openness to experience

Keterbukaan mencerminkan kesediaan orang untuk mempertimbangkan ide-ide baru. Orang-orang ini bersifat asli, imajinatif, berani, memiliki kepentingan luas dan umumnya lebih menyukai variasi daripada rutinitas tetap.

Conscientiousness

Orang-orang ini adalah orang yang teliti, bekerja keras dan ingin menyelesaikan tugas yang mereka mulai. Orang dengan karakter ini suka mengikuti aturan. Selain itu orang-orang ini juga  ambisius, enerjik dan suka merencanakan sesuatu sebelumnya.

Extroversion

Orang ekstrovert senang berada di sekitar orang lain. Mereka dipandang sebagai orang yang mudah bergaul, ceria, penuh kasih sayang, banyak bicara, dan banyak memperoleh energi dari aktivitas sosial yang dijalaninya.

Agreeableness

Agreeableness mencerminkan berapa banyak orang ingin orang lain menyukai mereka. Orang dengan karakter ini adalah orang-orang yang simpatik, baik hati, penuh kasih sayang dan cenderung terlibat dalam perilaku pro-sosial dan kesukarelaan.

Neuroticism

Orang yang memiliki kepribadian neurotisisme adalah orang yang sangat khawatir, tidak percaya diri, sadar diri dan temperamental. Ketidakstabilan yang dimilikinya dapat menyebabkan kesulitan di tempat kerja ketika orang marah atau marah pada orang lain.


Sekarang, Anda dapat melihat lebih dekat kepribadian yang biasa ada dalam sebuah meeting dan bagaimana cara Anda dapat menangani mereka untuk mengadakan pertemuan yang sukses.

The Rambler

Orang dengan tipe ini adalah orang yang berbicara lebih banyak dari yang lain. Hal ini dapat menyebabkan meeting berjalan lebih lama dan fokus menjadi hilang. Untuk itu Anda harus dapat menarik perhatian kembali ke topic yang sebelumnya dibicarakan.

The Quiet One

Berbeda dengan The Rambler, orang dengan tipe ini memiliki ide hebat tetapi tidak pernah menyuarakannya. Cara membuat tipe ini berbicara diantaranya :

  • Beri waktu lima menit kepada orang-orang ini untuk menuliskan ide atau pemikiran mereka sebelum membuka diskusi umum.

  • Orang yang pemalu mungkin tidak merasa nyaman berbicara dalam kelompok yang lebih besar, sehingga Anda dapat membuat kelompok-kelompok yang lebih kecil untuk membiarkan mereka berdiskusi.

  • Pendekatan lain adalah dengan berbicara dengan orang yang pendiam secara pribadi dan mendiskusikan pentingnya gagasan semua orang. mungkin adalah berbicara dengan orang yang pendiam secara pribadi dan mendiskusikan pentingnya gagasan semua orang. Beri tahukan kepada mereka bahwa Anda ingin mendengar apa yang mereka pikirkan dan doronglah orang itu untuk menjelaskan ide menarik mereka pada pertemuan berikutnya.


Nah, itulah beberapa cara menangani kepribadian yang berbeda dalam sebuah kegiatan meeting. Untuk Anda yang mengalami kesulitan mencari ruang meeting, ruang event, ruang kerja untuk aktivitas bisnis dapat menggunakan Aplikasi SpotQoe untuk temukan hotel, restoran maupun cafe yang sesuai dengan agenda bisnis Anda. Tidak perlu bingung dan khawatir, karena hanya dengan meluncur ke situs www.spotqoe.com atau download aplikasinya di Google Play dan App Store, Anda bisa cepat dapatkan bermacam rekomendasi event space atau ruang event, ruang meeting atau meeting space maupun ruang kantor atau working space yang sesuai dengan budget. Anda tinggal mencari, memilih dan memesan secara online, sewa tempat event, sewa ruang meeting dan sewa ruang kantor bisa Anda dapatkan lebih mudah.


 

Baca Juga : 7 Langkah Menjaga Keseimbangan Antara Kerja & Kehidupan Pribadi



Sumber:  Berbagai Sumber


leave your comments: