Breaking

Informasi

Ini Dia Alasan Mengapa Ruangan Konferensi Masih Jadi Ruang Meeting Favorit

Dalam satu dekade terakhir ini, ada berbagai hal yang telah berubah di dunia bisnis. Dengan berbagai tren yang datang dan pergi, mulai dari menenteng tas kerja sampai penggunaan smartphone untuk menyelesaikan urusan bisnis. Akan tetapi, nampaknya masih ada satu hal yang seolah tak tersentuh perubahan tren tersebut: kebutuhan untuk bertatap muka.

Dan di dunia bisnis, kebutuhan bertemu, bertatap muka, dan berinteraksi tersebut dapat dengan mudah dipenuhi oleh pilihan ruang meeting yang satu ini: ruang konferensi. Dan ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa ruang konferensi masih jadi pilihan favorit untuk mengadakan rapat atau pertemuan, bahkan di era modern saat ini.


Ideal untuk Membahas Keputusan Bisnis yang Penting dan Rahasia

Untungnya, dinding-dinding ruangan konferensi tidak bisa berbicara. Sebab jenis ruang meeting yang satu ini sudah begitu sering digunakan dan sangat pas untuk pertemuan yang bersifat sensitif dan rahasia, termasuk dalam membuat keputusan bisnis. Mulai dari pembahasan ide-ide bisnis yang unik dan baru, peluncuran produk baru, dan segala informasi rahasia lainnya, banyak keputusannya yang dibuat di balik dinding-dinding dan pintu tertutup sebuah ruangan konferensi. Hal ini jelas berbeda dengan meeting space yang bersifat terbuka, di mana distraksi mudah mengganggu jalannya pertemuan, termasuk telinga-telinga yang menguping diskusi yang berjalan.


Dapat Mengumpulkan dan Membaurkan Para Karyawan

Sebuah ruang konferensi dengan fasilitas yang lengkap dan sesuai kebutuhan menjadi wadah yang ideal bagi karyawan perusahaan Anda dalam berinteraksi dan berbaur dengan sesama karyawan, termasuk yang bekerja di bagian atau divisi lain. Karena itulah brainstorming atau formulasi ide produk baru sangat cocok dilakukan di jenis ruangan meeting yang satu ini, sehingga turut menunjang tren dunia kerja yang mengarah pada kolaborasi berbagai fungsi di dalam sebuah bisnis.


Saling Menghubungkan Satu Bagian dengan Bagian Lain Bisnis Anda

Semakin besar ukuran sebuah perusahaan, maka pembagian divisinya pun cenderung lebih banyak. Dan pastinya, jumlah karyawan pun juga semakin banyak. Terlepas dari apakah bisnis Anda dijalankan di kantor tempat para karyawan bekerja setiap hari, atau dijalankan sepenuhnya secara online di co-working space, rumah, atau kafe favorit masing-masing, tetap saja mereka bekerja secara terpisah.

Nah, dengan memilih ruang konferensi sebagai ruang meeting pertemuan bisnis Anda berikutnya, maka Anda pun bisa menjaga agar masing-masing bagian dan bahkan individu yang jadi bagian di perusahaan Anda tetap saling berinteraksi dan terhubung. Dengan demikian, mereka pun merasa menjadi sebuah bagian penting dari perusahaan yang juga berperan besar bersama-sama mencapai tujuan dan sasaran perusahaan.


Terlebih di era modern seperti sekarang ini, di mana penggunaan teknologi dan perangkat mobile menjadi lebih lumrah ditemukan, Anda tetap dapat mempertemukan dan menghubungkan seluruh bagian bisnis Anda dengan memanfaatkan teknologi video conference. Dengan begitu, mereka yang tidak bisa bertatap muka secara langsung tetap dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam pertemuan yang diadakan tanpa mengurangi esensi dari konektivitas tersebut.


Desainnya Mempermudah Partisipan Fokus Sepanjang Pertemuan

Berbeda dengan ruang meeting yang bersifat terbuka, sebuah ruang konferensi didesain agar tertutup dari gangguan yang berasal dari luar. Jadi, meskipun desain ruang konferensi biasanya punya layout yang lapang, fokus para partisipan tetap dapat terjaga sepanjang pertemuan. Masing-masing pun dapat berdiskusi, menyampaikan pendapat, dan berpikir tanpa khawatir soal distraksi yang tidak ada kaitannya dengan jalannya pertemuan, seperti suara bising dari jalanan atau keramaian kota pada umumnya.

Dan dengan fasilitas maupun perlengkapan rapat yang sesuai kebutuhan, maka jalannya pertemuan pun dijamin bebas gangguan. Karena itu, jangan lupa untuk persiapkan peralatan serta perlengkapan yang penting dan sesuai dengan jenis pertemuan yang akan dilaksanakan. Misalnya, untuk brainstorming produk baru, siapkan papan tulis dalam jumlah banyak, kertas, dan tekan jumlah furnitur sampai seminimal mungkin untuk menjaga alur diskusi tetap lancar. Sedangkan untuk presentasi, siapkan multimedia dan audio system yang lengkap untuk kelancaran penyampaian ide dan terobosan baru yang telah dipersiapkan.


SpotQoe adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menemukan ruang meeting yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Unduh dan pasang aplikasinya sekarang juga dari Playstore dan App Store!



Sumber:  Berbagai Sumber


leave your comments: