Breaking

Working

Kenali Lebih Jauh Mengenai Penamaan Ruang Beserta Fungsinya

Beberapa istilah yang disematkan pada sebuah ruangan sudah umum dikenal orang, khususnya para pekerja yang memang sering menggunakannya. Namun begitu banyaknya tipe maupun jenis ruangan membuat orang terkadang bingung membedakan satu dengan yang lainnya. Kali ini kami akan mengelaborasi empat diantaranya agar Anda bisa lebih memahami lagi peruntukannya.

  • Amphitheater

Sumber: shutterstock.com

 

Amphitheater merupakan sebuah teater terbuka dengan susunan tempat duduk bertingkat, yang berfungsi sebagai tempat pertunjukan. Di Indonesia kita lebih lebih mengenalnya dengan istilah auditorium. Kelebihan dari sisi akustik maupun pengaturan tempat duduk yang memudahkan peserta memandang ke segala arah membuat konsep amphitheater diterapkan pada ruangan untuk penyelenggaraan event bertaraf nasional dan internasional.

Dari sudut pandang arsitektur, amphitheater memiliki dua gaya yaitu versi Yunani yang membentuk setengah lingkaran dengan panggung di salah satu sisinya. Versi lainnya adalah gaya Romawi dengan pengaturani tempat duduk mengelilingi panggung (kini diadaptasi menjadi bangunan stadion olah raga).

  • Ballroom

Sumber: pinterest.com


Anda tentu pernah melihat adegan film di mana tamu-tamu pesta berpakaian indah dan berdansa di dalam ruangan besar beratap tinggi dengan interior yang menawan? Nah itulah ballroom, sebuah konsep ruangan yang diperuntukkan sebagai tempat penyelenggaraan pesta-pesta besar, lengkap dengan orkestranya.

Ruangan luas yang sanggup menampung ratusan hingga ribuan orang ini kini bisa kita dapati di hotel-hotel berbintang sebagai lokasi penyelenggaraan event besar perusahaan maupun berbagai acara lainnya.  

  • Break Out Room

Sumber: regalmark.net

 

Perkantoran modern yang mengganti konsep ruang meeting tertutup dengan meja dan kursi menjadi ruang terbuka yang lebih menyerupai living room, dengan sofa dan bean bag. Dukungan interior yang ‘asyik’ dengan artwork, penambahan tanaman, cat warna-warna terang dan jendela besar menjadikan break out room favorit orang untuk berkumpul.  

Istilah break out room sendiri menjadi semacam sugesti kepada karyawan bahwa mereka sedang bersantai dan beristirahat, padahal kenyataannya mereka sedang terbawa pada suasana ‘meeting’ yang lebih produktif.

  • Function Room

Sumber: circleinnph.com


Sesuai dengan penyebutannya, function room ini bisa digunakan untuk bermacam kebutuhan dari mulai rapat, pertemuan, hingga pameran. Dari segi ukuran, daya tampung ruangan ini juga bisa lebih fleksible dengan membuka atau menutup partisi yang berfungsi sebagai pembatas ruangan. Bila kebutuhannya hanya sebatas kurang lebih oleh 2 - 5 orang, maka pembatas ruangan bisa dipasang dan Anda mendapatkan private room untuk rapat.

Baca juga: 3 Cara Memaksimalkan Warna untuk Produktivitas Rapat







  ruang

Sumber:  berbagai sumber


leave your comments: