Breaking

People

Suara Bising dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas

Pernahkah Anda merasa heran melihat orang yang bekerja di coffee shop yang bising? Bagaimana mereka bisa konsentrasi bekerja kalau di sekitarnya banyak orang berseliweran, belum lagi suara obrolan atau tertawa pelanggan lain hingga dengungan mesin kopi?  

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Consumer Research menunjukkan bahwa ada tingkat kebisingan ruang kerja yang mempengaruhi konsentrasi karyawan di dalamnya. Suasana sekitar yang berisik justru membuat otak mereka terstimulasi menghasilkan ide kreatif.

Namun toleransi setiap karyawan terhadap kebisingan pun berbeda-beda, tergantung bidang pekerjaannya. Misalnya pekerja seni dan kreatif diketahui mampu mentolerir kebisingan hingga 70 desibel. 

Suara Bising Di kantor VS di Coffee Shop

Lalu apa bedanya bekerja di coffee shop dengan di kantor? Toh dua-duanya sama-sama berisik. Ternyata perbedaannya terletak pada tipe kebisingan. Di kantor sumber kebisingan umumnya adalah obrolan rekan semeja soal deadline atau tuntutan-tuntutan dari bos. Dan karena kedua hal ini ada sangkut pautnya dengan Anda, maka secara otomatis pikiran Anda akan lebih tertuju kepada arah pembicaraan.


Sementara kebisingan di coffee shop sama sekali tidak ada hubungannya dengan Anda. Suara tertawa pelanggan lain, orang menelepon atau dengungan mesin kopi bisa saja terjadi di sekitar Anda, namun otak menyortir dan memblokir isi percakapan tersebut sehingga Anda bisa tetap lancar mengerjakan tugas.



Baca juga: 4 Keuntungan Bekerja Di Coworking Space


Musik & White Noise

Lebih jauh lagi mengenai fokus bekerja meski di dalam ruangan yang bising adalah kontribusi musik dan white noise. Musik memang teman yang baik saat Anda bekerja,namun musik yang seperti apa dulu? Karena musik yang mempunyai lirik atau lagu, hanya akanmembuat otak Anda mencerna apa isi dari lagu itu untuk ahirnya bersenandung ikut bernyanyi. Sementara instrumental yang hanya berisi suara alat musik tidak akan membagi konsentrasi otak.


Sedangkan White noise adalah suara yang dapat meniadakan suara lain. Biasanya dihasilkan dari getaran konstan benda-benda misalnya bunyi kipas angin atau mesin AC. Suara-suara itu akan menyamarkan suara-suara lain yang tidak konstan seperti suara orang menegobrol. Bahkan, white noise juga bisa membantu mengembalikan kualitas tidur yang baik pada bayi maupun orang dewasa.




Sumber:  berbagai sumber


leave your comments: