Breaking

People

Tips Menyusun Meja Kerja

Salah satu hal yang membuat mood Anda dan bahkan teman kerja menjadi buruk adalah saat melihat meja kerja yang super duper berantakan. Tak hanya berantakan karena meja kerja  dipenuhi tumpukan buku, kertas, dan alat tulis yang tidak pada tempatnya, seringkali meja yang menjadi rumah kedua Anda ini juga dipenuhi oleh tumpukkan makanan dan sampahnya bukan? Jelas saja hal ini bisa membuat mood rekan kerja ikut berantakan. Agar permasalahan meja kerja tidak mengganggu aktivitas kerja, dan bisa menambah produktivitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di kantor, Anda harus mulai membenahi kebiasaan buruk ini. Baiknya Anda mulai menyadari, bahwa meja kerja yang rapih dan bersih adalah cerminan daripada Iman. SpotQoe akan memberikan tips yang bisa membantu Anda menyusun meja kerja di kantor bersih dan juga rapih.



Pertama, jangan biarkan ada benda yang berserakan.

Rasa malas bisa hadir karena situasi meja yang berantakan. Dengan banyaknya kertas, alat tulis hingga dokumen yang berantakan bisa memberikan dampak negative pada kinerja Anda. Benda-benda yang berserakan di meja Anda, dapat mengganggu aktivitas karena ruang gerak Anda tentunya menjadi sangat terbatas. Untuk itu Anda haruslah cerdik dalam mengatur tata letak buku, dokumen, kertas juga alat tulis. Tipsnya gunakan binder untuk menaruh dokumen, buku maupun kertas. Selanjutnya letakkan di sudut meja, agar mudah diambil. Untuk alat tulis, Anda bisa menaruh di tempat yang mudak diraih, misal di dekat keyboard komputer.


Kedua, singkirkan benda yang tidak perlu.

Agar meja tidak berantakan, Anda harus konsisten. Untuk itu segala hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan sebaiknya Anda singkirkan. Karena benda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan cenderung membuat Anda tidak fokus bekerja. Beberapa benda yang harus disingkirkan antara lain camilan, mainan juga senjata perang para wanita alias make up. Selanjutnya tata ulang meja kerja Anda, dan taruh benda-benda tadi di laci meja atau tegas untuk membuangnya apabila tidak lagi diperlukan.


Ketiga, berikan hiasan di meja Anda.

Bila Anda telah menata meja kerja dengan baik, rasanya Anda bisa mendandani sedikit meja kerja agar terlihat menarik. Agar mood positif tercipta, tak ada salahnya Anda memberikan pemanis seperti hiasan meja bertuliskan Quote yang memotivasi kerja, jam meja yang unik dengan warna-warna cerah, atau foto Anda bersama pacar, keluarga ataupun para sahabat.  Tips menaruh hiasan diantaranya, taruhlah hiasan berupa pajangan atau pot tanaman di belakang layar computer atau laptop Anda. Selain itu atur hiasan atau pajangan menyerupai segitiga agar tidak memakan tempat, dan terlihat jelas ketika duduk di depan meja.


Keempat, taruh tempat sampah dekat meja Anda.

Tak hanya rapih, meja kerja haruslah bersih. Agar tidak menimbulkan pemandangan kotor  serta timbul bau tidak sedap, kebersihan meja kerja haruslah tetap terjaga. Untuk itu dibutuhkan tempat sampah, supaya sampah-sampah yang berasal dari kertas tidak terpakai, bungkus permen, ataupun sampah-sampah lainnya dapat dibuang pada tempatnya. Meminimalisir rasa malas Anda menyimpan sampah di meja kerja karena letak tempat sampah yang jauh, maka sediakan tempat sampah yang unik dan menarik di samping meja kerja. 


Kelima, pencahayaan meja kerja cukup.

Tentu sangat mengganggu apabila saat bekerja, pencahayaan disekitar meja kerja tidak maksimal. Ternyata kehadiran lampu meja sangatlah penting untuk mendukung kinerja Anda semakin produktif. Tak hanya perihal meja kerja yang rapih dan bersih, pencahayaan juga penting agar matamu tidak cepat lelah. Untuk itu tidak ada salahnya Anda menyisipkan pula lampu meja di meja kerja sebagai penambah cahaya, ketika caha ruangan kerja Anda kurang memadai.


Itu tadi tips menyusun meja kerja yang dapat Anda coba, agar produktifitas kerja terjaga. Segera laksanakan kelima tips diatas, dan rasakan perubahan positif bagi kinerja Anda di kantor.



Baca Juga : Posisi Duduk Menentukan Prestasi Berlaku Juga di Tempat Kerja



Sumber:  Berbagai Sumber


leave your comments: