Breaking

Informasi

Tokoh Inspirasi Milenial

Era digital teknologi turut serta melahirkan usaha rintisan atau startup di Indonesia maupun dunia. Beragam kisah sukses pun bermunculan dari para pendiri usaha rintisan yang membangun bisnis mereka dari nol. Hasil kerja keras, kreatifitas dan inovasi mereka bahkan dikenal sampai ke mancanegara. Sebagai agen perubahan, kaum milenial harus memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership), kewirausahaan (entrepreneurship), dan tanggung jawab sosial (social responsibility) agar sukses menggapai mimpi di masa depan. Berikut beberapa tokoh pendiri startup inspiratif, yang bisa Anda contoh kegigihannya.


CoFounder Smule – Jeff Smith

Pada tahun 2008 setelah mendaftar di Universitas Stanford di California, Amerika Serikat, untuk mengejar gelar PhD di Computer Music, Smith mendirikan Smule sebagai salah satu usaha paling sukses. Tak pernah berhenti berinovasi, Smith berperan dalam menciptakan beberapa aplikasi seluler interaktif pertama yang memanfaatkan mikrofon iPhone. Hingga hari ini, lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia telah menggunakan salah satu produk perusahaan miliknya.


Founder Gojek – Nadim Makarim

Pada tahun 2011, GoJek dibuat masih dengan sistem yang sederhana, dimana calon penumpang menghubungi melalui sms atau telepon. Berdasarkan risetnya, Nadiem melihat permasalahan utama dari tukang ojek adalah waktu tidak produktif yang cukup besar, seperti mangkal, menunggu penumpang dan harus bergiliran dengan pengemudi ojek lainnya untuk dapatkan penumpang. Sementara itu, calon penumpang merasa malas untuk berjalan mencari pangkalan ojek. Dari situlah Nadim berinovasi melalui teknologi. Lewat ponsel, aplikasi Gojek dapat menghubungkan calon penumpang dengan driver gojek. Kini Gojek sudah mulai berekspansi ke Vietnam.


Founder HijUp.com – Diajeng Lestari

Dari dunia fashion, ada sesosok wanita yang ikut mengembangkan tren hijab di Indonesia. Marketplace yang didirikan Diajeng Lestari, HijUp.com, hadir sebagai jembatan produsen fashion hijab dengan konsumen yang tersebar di Indonesia, bahkan dunia. Di dalam E-commerce syar’I ini, banyak karya desainer Indonesia yang kini bisa merambah pasar internasional.

Kurang lebih 200 lokal brand dapat diakses langsung oleh orang-orang di dunia, yang membutuhkan busana muslim. HijUp sendiri telah mengirim ke lebih dari 100 negara dengan pengiriman paling banyak ke Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, hingga Inggris.


Founder Tokopedia – William Tanuwijaya

William Tanuwijaya pernah menjadi penjaga warnet di dekat kampusnya dulu untuk dapat membayar uang kuliah. Bekerja mulai jam 9 malam sampai jam 9 pagi setiap harinya, disitulah William menyadari bahwa internet memiliki kekuatan tanpa batas. Saat melihat kepopuleran belanja online yang ternyata sangat diminati oleh masyarakat, disitulah ide untuk membuat marketplace tercipta. Sayangnya tak semudah membalikkan telapak tangan, William seringkali gagal meyakinkan investor untuk mendanai proyek startupnya, salah satunya karena tidak fasih berbahasa Inggris. Hingga suatu hari investor dari Jepang percaya akan idenya. William yang tadinya tidak fasih berbahasa Inggris, akhirnya serius mempelajari, sembari membangun Tokopedia. Setelah tahun 2017 lalu mendapatkan investasi dari Alibaba sebesar 14,7 Triliun, Tokopedia terus berkembang menjadi marketplace besar di Indonesia.


Itulah beberapa tokoh dari mancanegara maupun dari Indonesia yang kisahnya dapat menginspirasi Anda. Pantang menyerah dan terus berinovasi menjadikan diri kita mampu wujudkan mimpi dan menaklukan dunia.



Baca Juga : Seni Membentuk Tim Kerja di Dalam Startup



Sumber:  Berbagai Sumber


leave your comments: