Breaking

blog single post
Profesionalisme

10 Indikator Anda Bekerja dengan Benar

Ada kalanya kita bertanya-tanya terhadap diri sendiri apakah pekerjaan kita sudah cukup baik, atau justru buruk. Masalahnya tidak ada yang akan memberi tahu mengenai hal tersebut, kecuali atasan Anda memang sengaja memberikan review atas performa Anda dalam bekerja.


Berikut tanda-tanda yang kurang lebih bisa menjadi indikator  bahwa apa yang Anda lakukan selama ini sudah benar.


1. Menghadiri rapat dengan menyiapkan solusi

Para atasan tidak punya banyak waktu untuk melangsungkan rapat yang bertele-tele. Sebaliknya, bila Anda punya solusi untuk menuntaskan sebuah masalah langsung saja utarakan lengkap beserta teknis cara palaksanaannya. Paparkan sejelas-jelasnya agar pak bos dan tim bisa memahami dan memutuskan apakah solusi yang Anda tawarkan bisa dijalankan.  


2. Bisa menentukan prioritas

Dari sekian banyak tugas yang mampir ke meja Anda, kemmapuan Anda memilah dan memilih mana yang harus diselesaikan lebih awal dan mana yang bisa ditunda. Ada 2 pertanyaan yang bisa membantu Anda untuk menentukan yaitu: seberapa besar dampaknya terhadap organisasi apabila sebuah tugas dikerjakan? dan seberapa besar kepedulian Anda terhadap sebuah tugas tertentu?


3. Terus menerus ingin mengembangkan diri

Meski sudah piawai dalam hal menyelesaikan pekerjaan rutin, Anda terus menerus memperkaya wawasan dengan belajar mengenai banyak hal lain termasuk topik-topik di luar pekerjaan. Rajin mengikuti workshop atau menghadiri seminar akan membuat Anda terus berkembang dan selalu up date.


4. Tahu kapan harus bilang 'tidak' tanpa menyinggung

Saat sedang sibuk menyelesaikan tugas tiba-tiba pak bos memberikan tugas lain dan ingin didahulkan. Pada situasi seperti ini Anda tidak punya pilihan lain kecualimenolaknya namun dengan kesopanan yang membuat pak bos tidak tersinggung.


Anda bisa menggunakan taktik seperti 'say a bisa kerjakan ini pak, tapi kerjaan yang duluan ini nanti jadi ketunda, gimana pak?' Pernyataan ini sedikit banyak akan membuat atasan Anda berpikir ulang dan tidak mustahil tidak jadi memberikantuas tersebut kepada Anda.  


5. Punya target/ ambisi yang jelas dan positif

Anda tahu bahwa gelar yang ingin dicapai bukan sekedar 'karyawan teladan' melainkan 'karyawan terbaik.' Target yang dituju ini memacu Anda agar bersungguh-sungguh dalam bekerja.


6. Menepati janji

Anda melakukan apa yang Anda ucapkan dan itu menjadi nilai lebih di mata rekan kerja serta atasan. Ketika Anda menyetakan bahwa sesuatu kasus bisa diselesaikan tanpa campur tangan bnayak orang,maka Anda membuktikan itu.


7. Berkontribusi terhadap kesuksesan atasan

Berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan dengan kualitas baik, secara tidak langsung merupakan bentuk kontribusi Anda terhadap kesuksesan atasan. Atasan Anda punya atasannya lagi yang menilai apakah tim dari bawahannya bisa menjalankan dengan baik apa yang sudah diputuskan oleh manajemen


8. Menyimpan catatan performa kerja

Terkadang orang lupa apa saja prestasi yang sudah mereka hasilkan padahal efeknya penting bagi perusahaan. Namun Anda lebih pandai dari itu, setiap akhir pekan Anda merefleksikan apa saja yang udah dicapai pada minggu itu. Simpan catatan sebagai pengingat sekaligus pemacu semangat untuk terus meningkatkan prestasi.


g. Membantu rekan kerja lain tanpa menelantarkan pekerjaan sendiri

Bila dalam 8 jam Anda bisa menyelesaikan tugas Anda, membantu rekan dengan tugas mereka, serta masih bisa makan siang dan tidak kelelahan itu artinya Anda juara! Tidak mudah melakukan ini semua karena butuh koordinasi yang kuat antara tubuh dan otak.


10. Orang ingin menjalin pertemanan dengan Anda

Bila suatu saat di inbox email Anda ada undangan untuk menjadi pembicara tamu sebuah workshop, itu artinya apa yang Anda lakukan diperhatikan orang dan dianggap pantas untuk menginspirasi. Entah itu dari perjalanan karir Anda, dari pergaulan atau apapun, yang jelas ketika orang sudah mencari Anda maka apa yang Anda kerjaan selama ini sudah berada di jalur yang benar.



Baca juga: Posisi Duduk Menentukan Prestasi Berlaku Juga di Tempat Kerja

Sumber : businessinsider.sg

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu