Breaking

blog single post
Informasi

3 Ruang Kerja Ramah Disabilitas

Keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang untuk berprestasi dengan bekerja dan berinovasi. Bagi penyandang disabilitas saat ini, telah diberikan kesempatan yang sama dengan manusia normal pada umumnya untuk bekerja. Sejumlah perusahaan baik perusahaan besar maupun startup di Indonesia telah banyak memperkerjakan para penyandang disabilitas.

 

Tak hanya perusahaan, cafe atau restoran pun telah memperkerjakan para penyandang disabilitas. Dengan keterbatasan yang mereka miliki tidak berarti mereka tidak bisa bekerja dengan baik. Pemerintah Indonesia pun telah memfasilitasi dan menyediakan lapangan pekerjaan para penyandang disabilitas.

 

Tapi bukan berarti ruang kerja lain yang tersebar di seluruh Indonesia tidak bisa digunakan oleh para penyandang disabilitas. Meskipun fasilitas yang disediakan Coworking Space murah terbaik tersebut terbatas bahkan tidak ada sama sekali untuk para penyandang disabilitas, tetap membuat para penyandang disabilitas merasa nyaman. 

 

Berikut rekomendasi Ruang Kerja yang Pas dan Ramah untuk Penyandang Disabilitas:

 

1. Diskominfo Co Working Space (DCS)

Pemerintah di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika DIY mendirikan Diskominfo Coworking Space Yogya (DCS) untuk memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk bekerja, terutama startup. DCS sendiri diresmikan oleh Kepala Diskominfo DIY, Ir. Rony Primanto Hari MT pada tangal 24 Agustus 2018 lalu. Berlokasi di Jl. Brigjen Katamso, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DIY, DCS mengusung konsep ramah difabel.

 

Mulai dari penataan ruangan serta jalan masuk menuju DCS didesain sedemikian rupa untuk para penyandang disabilitas. Tidak hanya itu, kursi roda juga bisa masuk ke ruangan, kamar mandi dan pintu juga didesain ramah difabel. Disediakan pula perangkat komputer dan ruang kerja khusus untuk para penyandang disabilitas.

 

Fasilitas lain yang disediakan Diskominfo Coworking Space Yogya diantaranya outdoor space untuk kegiatan diskusi, performance space untuk komunitas yang ingin menampilkan karyanya, tujuh peralatan komputer yang bisa digunakan untuk berkreasi, satu ruang studio kecil yang bisa digunakan untuk membuat animasi dan film pendek, serta ruang kelas dengan kapasitas 20 orang yang bisa digunakan untuk kegiatan workshop. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan semua masyarakat, tak hanya penyandang disabilitas saja secara gratis. Namun, tetap memperhatikan aturan yang berlaku dan menjaga peralatan yang ada.

 

Baca Juga: Rahasia Tetap Bugar Bekerja di Musim Hujan

 

Tak hanya, untuk para penyandang disabilitas, DCS juga cocok digunakan untuk mahasiswa dan para pekerja atau pebisnis. Tersedia 7 komputer yang bisa digunakan lengkap dengan koneksi internet. Menariknya, DCS juga menyediakan studio untuk membuat animasi atau film.

 

Untuk menghilangkan dahaga, disediakan dispenser yang berisi air mineral. Fasilitas lainnya disediakan Mushola dan toilet yang nyaman digunakan oleh semua masyarakat termasuk para penyandang disabilitas.

 

2. Bandung Digital Valley

Bandung Digital Valley (BDV) menyediakan tempat kerja dan beragam fasilitas secara gratis. Semua fasilitas bisa kamu dapatkan secara gratis, asalkan kamu sudah tergabung menjadi anggota BDV.

 

Bandung Digital Valley terletak di Jl. Gegerkalong Hilir 47, Bandung. Diresmikan pada tahun 2011 lalu oleh Telkom, Bandung Digital Valley sengaja didirikan untuk membantu para startup dalam bidang teknologi dalam mengembangkan bisnis mereka. Untuk itu, BDV mengadakan program Indigo Creative Nation yang memfasilitasi startup yang dinilai memiliki ide, produk, dan inovasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

 

Untuk saat ini, Bandung Digital Valley belum memiliki fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas. Namun bukan berarti BDV tidak perduli dengan penyandang disabilitas. Ini dibuktikan BDV dengan membuat program pelatihan dan edukasi bagi para penyandang disabilitas yang bekerja di startup.

 

3. CoHive

Sejauh ini, CoHive memiliki jangkauan wilayah terluas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia seperti Jakarta, Tanggerang, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan Medan. Di Jakarta sendiri, CoHive hadir di kawasan Kuningan, Sudirman, Setiabudi, SCBD, hingga Kemang. Fasilitas yang disediakan pun beragam seperti ruang kerja, ruang meeting, ruang event dan lainnya. Untuk ruang kerja, disediakan dua tipe ruangan yakni private space dan shared space.

 

Bahkan di sejumlah lokasi CoHive di Jakarta terdapat fasilitas lain yang cukup menarik seperti biliard, tenis meja, konsol game dan lainnya. Harga sewa yang ditawarkan CoHive pun beragam, mulai dari Rp 50.000 per hari.

 

Baca Juga: Coworking Space Dekat Stasiun dan Bandara

 

Namun, CoHive belum menyediakan fasilitas khusus para penyandang disabilitas. Meski begitu, CoHive sering mengadakan program pelatihan dan edukasi bagi para penyandang disabilitas dalam bekerja dan berbisnis. Bahkan sejumlah startup yang berkantor di CoHive sudah memperkerjakan karyawan yang menyandang disabilitas.

 

Sejauh ini baru Diskominfo Coworking Space (DCS) yang menghadirkan ruang kerja dan fasilitas khusus para penyandang disabilitas. Meskipun belum memiliki fasilitas dan ruang kerja khusus, Bandung Digital Valley dan CoHive tetap nyaman digunakan para penyandang disabilitas. Lantas, Ruang Kerja mana yang kamu pilih?

 

Untuk melakukan pemesanan ruang kerja dan ruang meeting, Kamu bisa menggunakan SpotQoe.com. Platform pemesanan ruang terlengkap dengan lebih dari 4000 ruang di seluruh Indonesia.
 

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu