Breaking

blog single post
Profesionalisme

3 Tips Merencanakan Gathering

Dipercaya menjadi panitia pada acara gathering perusahaan merupakan tanggung jawab yang bisa jadi menyenangkan, namun bisa juga malah merepotkan jika Anda tidak mengerti taktik menjalankannya. Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah membentuk tim kepanitiaan, karena biar bagaimanapun Anda pasti membutuhkan bantuan untuk mengatur segala sesuatunya. Barulah Anda bisa melanjutkan perencanaan ke tahap selanjutnya, seperti uraian berikut.

1. Ketahui Perkiraan Bujet

Konsultasikan terlebih dahulu dnegan divisi HRD berapa bujet yang disediakan perusahaan untuk pelaksanaan acara, karena ini akan sangat berpengaruh kepada pemilihan lokasi, berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga properti apa saja yang dibutuhkan.

2. Susun Detil Acara

Ketika perkiraan anggaran sudah diketahui barulah Anda bisa merinci apa saja acara yang akan dilangsungkan. Tujuan gathering untuk meningkatkan rasa kebersamaan serta kekompakan dalam mencapai tujuan bersama diterjemahkan ke dalam berbagai aktivitas yang membutuhkan kerja sama. Tunjuklah rekan panitia untuk membantu sebagai wasit, dokumentasi, properti, dan lainnya

  • Buat itinerary keseluruhan acara
  • Rancanglah 5 ide permainan seru
  • Hitung jumlah orang lalu bagi menjadi beberapa tim (perbandingan postur tubuh harus imbang)
  • Tentukan waktu pelaksanaan hingga hitungan jam dan menit-nya
  • Buat daftar detil properti setiap permainan
  • Tentukan hadiah untuk setiap permainan & bedakan untuk juara 1, 2, dan seterusnya
  • Tentukan dress code untuk setiap tim

3. Menyewa Transportasi & Lokasi Acara

Gunakan transportasi yang terpercaya agar keamanan semua orang terjaga, dan juga sejak awal cari tahu apa saja kebijakan atau kompensasi yang mereka tawarkan bila nantinya ternyata terjadi keterlambatan ataupun hal tak terduga lainnya.

  • Untuk armada bus, perkirakan jumlah bus yang akan disewa serta perkiraan waktu tempuh (termasuk macet) ke lokasi tujuan

  • Untuk kereta, sewalah satu atau 2 gerbong khusus untuk rombongan Anda dan pastikan semua orang datang tepat waktu

Gathering di tempat dengan pemandangan yang indah tentu jadi keinginan semua karyawan. Apalagi karena acara kebersamaan ini akan dilakukan di luar ruang. Selain jadi penyegaran, lokasi acara yang indah juga akan terlihat bagus di foto-foto dokumentasi.

Banyaknya pilihan lokasi terkadang malah membingungkan, sementara tidak mungkin kan Anda mendatanginya satu persatu untuk survei. Selain membuang waktu, atasan pun tidak akan setuju karena pekerjaan Anda akan terbengkalai. Solusi cerdas yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan jasa pencarian lokasi acara secara online.    

  • Mudah membandingkan harga satu lokasi dengan lokasi lainnya

  • Mudah membandingkan fasilitas yang ditawarkan di setiap tempat

  • Survey lokasi lewat foto di website  

  • Bila beruntung Anda bisa saja mendapat lokasi yang sekaligus menyediakan kepanitiaan untuk berbagai permainan outdoor yang Anda rancang, sehingga Anda tidak perlu repot

Menjadi panitia acara perusahaan memang menyita waktu, tenaga, dan juga pikiran. Namun dengan tim yang solid dan perencanaan yang matang, semua bisa berjalan lancar. Dan yang lebih penting lagi ialah keberhasilan Anda menjalankan kepercayaan tersebut akan menjadi penilaian tersendiri dari HRD. Siapa tahu itu bisa jadi kesempatan Anda dipromosikan.


Baca juga: 8 Langkah Merencanakan event Perusahaan Berskala Kecil


Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu