Breaking

blog single post
Profesionalisme

3 Trik Menjadikan Rapat Menjadi Lebih Hidup

Aktivitas “meeting” yang menjadi makanan sehari-hari pekerja kantoran seringkali menjadi beban pekerjaan tambahan. Namun itu adalah tuntutan pekerjaan yang tidak bisa dihindari. Sebagai pimpinan, Anda tentu tidak ingin segala sesuatunya berjalan lancar tanpa membuat tim menjadi tertekan dengan berbagai rapat yang ada. Bila itu situasi yang sedang Anda hadapi, maka yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Jadikan Rapat sebagai Ajang Apresiasi

Kebanyakan dari kita mengidentikan rapat dengan tugas tambahan, target yang harus dicapai dan beberapa konotasi negatif lainnya, karena itu sesekali buatlah agenda rapat yang sifatnya apresiasi terhadap pencapaian tim maupun individu. Manusia membutuhkan pengakuan, dan pengakuan akan prestasi yang sudah dilakukan akan memicu tumbuhnya karya-karya baru di kemudaian hari.

  • Jadikan Rapat sebagai Pemacu Kreativitas

Ide-ide segar adalah output yang diharapkan setiap kali usai mengikuti rapat. Sayangnya ini tidak akan terjadi bila rapat hanya membuat tim merasa jenuh. Satu hal yang pasti adalah kebosanan bisa mematikan sisi kreatifitas seseorang, karena itulah sebagai leader Anda harus mampu mengubah suasana rapat yang serius menjadi lebih rileks. Sesekali ajaklah tim Anda untuk melakukan meeting di luar kantor dengan suasana yang berbeda. Upaya ini akan membantu menjernihkan pikiran agar bisa terus berkreasi

  • Jadikan Rapat sebagai Sarana Tukar Pikiran

Agar suasana meeting selalu hidup dan tidak melulu Anda yang berbicara, arahkanlah tim untuk lebih aktif. Dalam kurun waktu tertentu mintalah salah satu dari tim secara bergiliran untuk menjadi pimpinan rapat. Dengan begitu Anda juga melatih mereka bagaimana cara bicara di hadapan banyak orang. Bebaskan juga tim Anda untuk mengungkapkan pendapat, pemikiran, serta ide-ide yang ada di kepala mereka, siapa tahu ada yang berhasil.  

Tiga hal di atas harus dilakukan bila Anda ingin membangun kerja tim yang solid. Tentu didukung juga dengan persiapan teknis seperti materi presentasi yang dinamis serta cara membawakan presentasi yang bisa menjadi daya tarik bagi peserta rapat. 

 

Baca juga: 9 Istilah Meeting Ini Sudah Pernah Anda Dengar?

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu