Breaking

blog single post
Profesionalisme

4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai Public Speaking

Public speaking merupakan bentuk komunikasi kepada sekelompok orang di depan umum. Tujuan public spekaking antara lain untuk mempengaruhi, memberikan informasi serta menghibur orang banyak. Kemampuan ini adalah kemampuan untuk menyampaikan pidato, memimpin rapat, memimpin presentasi atau diskusi, menjadi pembawa acara hingga menjadi pengajar. Untuk menjadi public speaker yang handal, Anda harus mematuhi beberapa hal. Terdapat empat hal yang harus dipatuhi oleh seorang speaker dalam public speaking-nya. Apa saja? Berikut ulasannya:

Menjadi diri sendiri

Anda sah-sah saja bila mengagumi cara orang lain dalam public speaking, tetapi bukan berarti Anda meniru gaya dan karakter yang dimiliki orang tersebut. Setiap orang memiliki karakter dan kepribadiannya sendiri, yang merupakan ciri khas yang melekat pada seseorang. Dengan memiliki ciri khas sendiri, tidak sulit bagi orang lain percaya, memahami dan mengingat apa yang dikatakan oleh speaker.

Mengutamakan kejujuran

Sekali saja speaker mengatakan sebuah kebohongan maka orang yang mendengarkan tidak akan percaya lagi dengan kata-katanya. Kegagalan menjadi seorang public speaking ada di depan mata. Maka dari itu, kejujuran merupakan salah satu hal penting dalam komunikasi. Kejujuran akan menumbuhkan rasa percaya. Setelah dipercaya, audiens akan tertarik untuk memperhatikan public speaking yang Anda sampaikan.

Menjadi seorang yang berintegritas

Integritas masih berkaitan dengan kejujuran, dimana seseorang harus melakukan kebenaran. Seseorang yang memiliki integritas memiliki kesepadanan antara pikiran, perkataan dan perbuatan. Tak heran orang yang berintegritas biasanya berperilaku positif sesuai dengan apa yang dikatakannya. Anda bisa menjadi panutan yang baik dengan melakukan hal-hal yang positif dan berdampak baik bagi banyak orang.

Memandang perasaan orang lain

Kejujuran akan sangat menyakitkan ketika disampaikan dengan kasar. Seperti saat Anda dimintai pendapat mengenai penampilan orang lain, tanpa adanya rasa empati pasti akan menyampaikan sesuatu yang menyakitkan tanpa memandang perasaan orang tersebut. Memiliki rasa cinta dan memandang perasaan orang lain juga akan membantu seorang speaker untuk menyampaikan lebih banyak kebaikan dan menyampaikan sesuatu yang kurang baik atau kurang sempurna  dengan lebih sopan tanpa harus menyakiti perasaan orang lain.

Nah, itu tadi empat hal yang harus dilakukan sebagai public speaking. Selamat mencoba!


Baca Juga : Atasi Rasa Gugup Saat Presentasi, Ini Caranya!

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu