Breaking

blog single post
Profesionalisme

4 Langkah Memanfaatkan Sosial Media sebagai Alat Publikasi Event Perusahaan

Jika saat ini Anda sedang merancang sebuah event besar perusahaan, maka jangan lupa untuk mengeksposnya melalui sosial media agar eksposnya semakin luas. Derek Ross, CEO dari The D2 Group, sebuah agency yang mengkhususkan diri di bidang sosial media marketing mengatakan bahwa menciptakan brand experience melalui Instagram dimulai dari mengidentifikasi pesan yang ingin disampaikan dan tim yang akan mengeksekusinya.

Nah agar event kantor Anda juga bisa mendapat publikasi masal dari sosial media, lakukan langkah-langkah berikut:


Identifikasi Target Tamu Undangan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum merancang event adalah target market perusahaan Anda. Akan lebih baik bila identifikasi ini tidak hanya sebatas jenis kelamin dan usia,namun latar belakang pendidikan, profesi, hobi, domisili hingga sosial media apa yang mereka gunakan. Semakin spesifik data yang Anda punya, akan mempersempit penentuan tema event. Dan ini bagus bagi perencanaan karena akan tepat pada sasaran.   


Dedicated Team

Jangan jadikan urusan sosial media ini hanya tempelan saja di dalam acara. Sebaiknya tugaskan tim khusus yang akan mengurusi segala sesuatu tentang publikasi sosial media seperti fotografer atau videographer dan social media specialist yang akan membuat caption sekaligus mempublishnya.


Buat Strategi Publikasi Sosial Media

Tiga tahapan dalam mempublikasi event di sosial media mencakup

  • Pre-event, materi yang mencakup tema acara, waktu & lokasi, hingga ajakan untuk mendaftar bagi event komersil
  • Saat event berlangsung, berupa apa sekilas aktivitas yang sedang berjalan
  • Post event, misalnya testimony pengisi acara & peserta
  • Publikasi berupa foto & video. Manfaatkan fitur-fitur seperti Facebook live atau InstaStory di mana Anda bisa memposting acara secara real time. Jangan lupa pajang juga hasil foto-foto selama acara dan tag atau mention orang lain
 

Lakukan Monitoring & Respon Cepat

Tim yang bertanggung jawab untuk publikasi sosial media juga harus stand by untuk merespon dan atau menjawab semua komentar yang masuk. Selain untuk meningkatkan rating perusahaan, ini juga berguna sebagai engagement dengan customer di luar sana.

Elemen pendukung lain yang juga menjadi kunci adalah tempat penyelenggaraan event. Apalagi untuk skala perusahaan yang juga mementingkan sisi prestige, karenanya pemilihan tempat acara pun perlu dipertimbangkan secara matang.


Baca juga: Bible of Event, Buku Panduan Wajib untuk Penyelenggara Acara

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu