Breaking

blog single post
Informasi

5 Kebiasaan Sepele yang Berpotensi Membuatmu Terserang Penyakit

Bagi para pekerja, kantor merupakan rumah kedua. Kamu menghabiskan 5 hari dalam sepekan dan pada tiap harinya Kamu menghabiskan 8 jam waktumu di kantor. Terbayang bukan? lingkungan dan aktivitas Kamu di kantor tentu juga sangat menentukan kesehatanmu. Ya Kamu bisa terkena potensi sakit di Kantor sekalipun.

 

Jika Kamu tidak ingin jatuh sakit, Kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti pola makan, istirahat dan juga berapa liter air yang Kamu minum. Jika tidak, kondisi fisik dan psikismu akan menurun, dan pastinya menyebabkan kinerjamu jadi tidak maksimal.

 

Kondisi tubuh yang drop sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh kesibukanmu di kantor, tetapi ada hal-hal lain yang bisa membuat kondisi tubuhmu menurun. Tanpa disadari, Kamu melakuan hal sepele yang bisa menyebabkan Kamu terserang penyakit setiap harinya. Contohnya seperti malas membersihkan peralatan kerja dan lain-lain. Berikut ini adalah contoh beberapa aktivitas yang berpotensi membuatmu sakit di kantor.


Baca Juga: Rahasia Tetap Bugar Bekerja di Musim Hujan

 

1. Terlalu Lama Di Depan Laptop

Potensi sakit di kantor pertama adalah menatap layar komputer/laptop terlalu lama. Saat Kamu bekerja, pastinya Kamu tidak akan bisa jauh dari laptop. Yup, pekerjaan yang menumpuk akan memaksamu untuk terus-menerus melihat ke arah laptop. Padahal sebenarnya, jika Kamu terlalu lama menatap layar monitor, matamu akan cepat terasa lelah dan lama kelamaan akan merusak kesehatannya. Selain Kamu akan menderita mata minus atau silinder bertambah akibat mata yang kelelahan, terlalu lama menatap ke layar monitor juga bisa  berpengaruh terhadap munculnya sakit kepala lho.

 

2. Tidak Membersihkan Peralatan Kantor

Karena dikejar oleh deadline biasanya Kamu jadi jarang memperhatikan keadaan meja kerjamu. Tidak hanya sekedar berantakan, namun peralatan kerja seperti laptop dan mouse milikmu pun kotor dipenuhi debu. Tanpa disadari Kamu suka menyentuh wajah dengan tangan yang sebelumnya selalu bersentuhan dengan peralatan kerja milikmu yang penuh debu itu. Tidak heran jika wajahmu jadi mudah jerawatan akibat penyebaran bakteri dan debu lewat tanganmu. Jangan samapi mengabaikan hal ini ya. Jadikan bersih-bersih barang pribadi sebagai kebiasaan. Dengan begitu, potensi sakit di kantor pun bisa terkurangi.

 

3. Terlalu Lama Duduk

Bagi Kamu yang bekerja di kantor dan pekerjaanmu hanya duduk di balik meja memandangi layar komputer, pastinya Kamu sering mengalami nyeri pada bagian tubuhmu. Hal ini merupakan potensi sakit di kantor yang kedua, sakit badan. Seperti pinggang, bahu, leher ataupun kaki. Kamu sebaiknya mulai waspada dengan keadaan ini ya Sahabatqoe. Karena duduk membungkuk dalam waktu yang cukup lama dengan intensitas yang sering dilakukan bisa menyebabkan gangguan pada punggung dan juga leher. Belum lagi kalau posisi meja dan kursi tidak ideal, pastinya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhmu.

 

Baca Juga: Tetap Sehat dengan Lakukan Work Out Mudah di Kantor

 

4. Terlalu Lama Berada Di Ruangan Ber-AC

Mungkin menurut Kamu berada di suatu ruangan yang ber-AC dan memiliki suhu yang dingin adalah hal yang sepele. Padahal sebenarnya, terlalu lama di ruangan ber-AC akan membuat kulitmu kering dan juga menyebabkan matamu menjadi perih. Sebaiknya Kamu menggunakan atau membawa sweater ya. Fungsinya tentu saja membuat tubuh selalu hangat, sehingga suhu tubuhmutidak drop. Apalagi jika Kamu tidak terbiasa suhu AC yang terlalu dingin. Mengingat ruang perkantoran biasanya menggunakan AC central dari pusat pengelolaan gedung dengan temperatur terendah. Suhu yang rendah tentu menjadi potensi sakit di kantor. Selain itu, Kamu harus memperhatikan kadar air yang dikonsumsi setiap harinya, supaya Kamu tidak mengalami dehidrasi.

 

5. Memakan Camilan Berlebihan

Memakan camilan mungkin bisa membangkitkan mood dan membuat tubuh lebih hangat. Ya, camilan memang bisa memberimu tambahan energi saat bekerja. Ditambah dengan ruangan kerja yang dingin dan pekerjaan yang menumpuk, pastinya akan membuat energimu terkuras sehingga perut pun jadi terasa cepat lapar. Tetapi, terdapat dampak buruk sebagai salah satu potensi sakit di kantor bagi kesehatan jika Kamu memakan cemilan yang berlebihan.

 

Contohnya, mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti satu kantong keripik kentang, makanan cepat saji dan lain-lain. Kebiasaan sepele tersebut bisa mengakibatkan berat badanmu bertambah seiring berjalannya waktu, jika Kamu hanya duduk saja seharian tanpa banyak bergerak. Cobalah mengganti camilan dengan mengonsumsi buah potong, kacang-kacangan, snack granola batangan, atau sedikit dark chocolate sebagai pengganti camilanmu.

 

Baca Juga: Bekal Makanan Sehat untuk Makan Siang di Kantor

 

Nah, itu dia 5 cara agar Kamu tidak kecanduan bermain gadget. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Kunjungi blog SpotQoe.com untuk mendapatkan tips lainnya terkait kehiduoan kantor. Untuk menyewa kebutuhan ruang untuk berbagai kegiatan, bisa memesan ruang meeting, hotel, restauran, dan coworking space di website kami.

Sumber : https://blog.axiqoe.com/

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu