Breaking

blog single post
People

5 Langkah Bijak Mengatur Pengeluaran

Tertib dalam mengatur keuangan adalah kunci stabilitas finansial, baik dalam konteks pribadi maupun dalam berbisnis. Anda harus pandai memilah mana kebutuhan yang benar-benar urgent sehingga gaji bulanan atau modal bisnis tidak terbuang percuma.  

 

1. Miliki beberapa rekening berbeda

Ini harus dan wajib dilakukan untuk mencegah tercampurnya simpanan pribadi dengan dana bisnis. Jangan sampai ketika bisnis Anda bermasalah, urusan rumah tangga juga ikut berantakan.

 

Bila ingin lebih aman, Anda bisa mem-protect lagi dana Anda dengan sistem simpanan yang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Ini lebih kepada mencegah kerugian diri sendiri dari kebiasaan belanja impulsif.  

 

2. Pikirkan dengan matang

Apakah Anda benar-benar butuh menyewa ruko sebagai kantor? Jika tim Anda hanya terdiri dari 5 orang saja maka untuk apa membuang banyak uang. Sewa saja ruangan di coworking space dan masalah Anda langsung selesai. Lebih hemat dan dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih urgent seperti awareness.   

 

3. Update setiap pengeluaran

Minta pihak bank atau Anda juga bisa me-recap sendiri biaya atau belanja apa saja yang sudah dikeluarkan setiap harinya.  

 

4. Gunakan kartu debit

Membelanjakan uang itu semudah menjentikkan jari. Tinggal gesek kartu dan dalam sekejap sejumlah uang Anda sudah berpindah ke rekening lain. Agar bisa lebih terkontrol, Anda disarankan menggunakan debit card, karena dengan begitu Anda bisa memantau pergerakan dana yang ada.

 

Tidak ada salahnya juga memakai kartu kredit, hanya saja ini beresiko untuk orang yang tidak disiplin dalam pelunasannya sehingga akan menumpuk dan memberatkan finansial Anda di kemudian hari.

 

5. Bandingkan dengan produk lain yang sejenis

Jangan terburu-buru memutuskan untuk menyewa ruangan di coworking space tertentu hanya karena harganya yang miring. Carilah komparasi lain yang dari segi harga mungkin lebih besar tapi lokasinya lebih mudah dijangkau.

 

Cobalah terapkan tips finansial ini untuk diri pribadi terlebih dahulu. Bila sudah terlihat dampaknya positifnya maka silahkan Anda terapkan kepada keuangan bisnis Anda.


Baca juga: Menjalankan Bisnis Bisa Dari Mana Saja

 

    

 


 

 

 


 

 

 

Sumber : flyspaces.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu