Breaking

blog single post
Working

5 Langkah yang Perlu Dipersiapkan untuk Bekerja dari Rumah

Keleluasaan menentukan sendiri jam kerja dan bisa berpenampilan sesuka merupakan keuntungan bagi orang-orang yang bekerja dari rumah. Ya! berkantor dari rumah memang perlu perlakuan yang sedikit berbeda, karena ada dua kepentingan di sana yaitu keluarga dan pekerjaan. Agar keduanya bisa sejalan Anda bisa menerapkan hal-hal berikut.

 

1. Temukan jam produktif Anda

Bila Anda sering membaca mengenai kebaikan dari bangun pagi, itu adalah benar. Namun faktanya setiap orang punya ritme-nya masing-masing dan tidak semua orang bisa dengan senang hati bangun pagi dan bersiap untuk kerja. Nah kelebihna dari bekerja dari rumah adalah Anda bisa merancang sendiri jam kerja yang sesuai dengan ritme tubuh Anda. Pada jam berapa Anda biasanya sudah cukup segar dan bisa konsentrasi penuh terhadap pekerjaan. Terapkan aturan 8 jam kerja seperti umumnya pegawai, namun penerapannya bisa lebih fleksibel. Apakah akan dilakukan non stop tanpa istirahat, atau dibagi dua menjadi 4 jamx2 dengan jeda istirahat 1 jam. Atau bahkan diselang seling setiap 3 jam sekali juga tidak masalah asalkan Anda tertib menaati jadwal yang sudah anda buat sendiri


2. Siapkan ruangan khusus

Bekerja dari rumah sejatinya hanya memindahkan apa yang biasanya ada dan ataupun diberlakukan di kantor ke dalam hunian pribadi Anda. Karena itulah ruangan khusus yang sengaja ditata untuk kenyamanan kerja dan bisa meningkatkan produktifitas Anda. Ruangan lho ya, bukan sekedar meja di depan televisi atau di sudut mana saja di dalam rumah. Mengapa? karena dengan tidak adanya ruangan khusus maka Anda akan rentan gangguan, terlebih bila Anda memiliki anak kecil.


3. Berpenampilan selayaknya pergi bekerja

Bekerja dengan hanya pakaian tidur tanpa harus mandi pagi bahkan menyikat gigi adalah juga kelebihan tersendiri dari berkantor di rumah. Namun bila itu berkelanjutan bisa berdampak kurang baik. Hubungan penampilan dan produktifitas kerja mungkin tidak terlihat, padahal dengan berpakaian rapi dan berdandan seperti layaknya bila akan berangkat kerja itu seperti mempersiapkan diri untuk menjalani hari dengan semangat. Nah, ada baiknya bila itu juga Anda terapkan sekalipun bekerja di rumah.   

 

4. Selipkan waktu istirahat makan siang

Bila diantara jam kerja yang sudah Anda tentukan ada jatah istirahat untuk makan siang, gunakanlah sebaik-baiknya tanpa mengulur waktu. Usai istirahat segeralah kembali meneruskan pekerjaan yang tertunda.


5. Buat kesepakatan dengan anggota keluarga

Ketika Anda bekerja dari rumah, besar kemungkinan akan mendapati gangguan dari anak atau aktivitas harian lainnya. Maka dari itu hal pertama yang perlu disepakati adalah bahwa ketika Anda sudah masuk ke dalam ruangan kerja, atau bila sudah tiba waktu produktif Anda maka acara main dengan anak atau beeres-beres rumah sudah bisa anda tinggalkan. Begitu seterusnya sampai 'jam kerja' Anda berakhir.  



Baca juga: Bekal untuk Anda Mendirikan Perusahaan Sendiri

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu