Breaking

blog single post
Scale

5 Program CSR Perusahaan yang Patut Dicontoh

Membantu mensejahterakan masyarakat sebagai kompensasi dari kesuksesan yang diraih oleh perusahaan merupakan bentuk partisipasi yang dikenal juga sebagai CSR (Corporate Social Responsibility). Penegasan mengenai hal ini juga dituangkan antara lain ke dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas atau Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.


Perusahaan berskala internasional berikut memberikan contoh yang baik berupa program CSR yang terbukti bermanfaat bangi banyak orang.


1. Bloomberg

Bloomberg Philantropies adalah bagian dari kerajaan media Bloomberg yang berfokus pada peningkatan taraf hidup dalam berbagai aspek. Mengupayakan perubahan lingkungan dengan penekanan pada pengembangan energi bersih serta membangun kota-kota yang berkelanjutan. Program ini juga turut meningkatkan kesehatan publik dengan pencegahan kegemukan, pengendalian distribusi tembakau serta keselamatan di jalan.


2. Google

Menurut Reputation Institute, google sempat lama menduduki peringkat pertama di dunia untuk program-program CSR-nya. Penerapan transparansi dilingkungan kerja dengan menomorsatukan perilaku yang baik menjadi program andalan perusahaan raksasa ya g satu ini


3. Disney

Setiap tahunnya, Disney mempublikasikan laporan CSR-nya berkisar upaya-upaya apa saja yang sudah dilakukan untuk peningkatan standar kesejahteraan buruh, hidup sehat, perlakuan adil di lingkup kerja hingga komunitas. Contoh dari program yang diterapkan adalah standarisasi toleransi tingkat emisi pada taman-taman hiburan.


4. Duracell

Dengan produk baterai yang dikenal bisa diandalkan, Duracell memiliki PowerForward program yang dirancang untuk membantu daerah-daerah yang terkena bencana. Sejak tahun 2011 lalu

program ini telah membagikan hampir setengah juta baterai secara cuma-cuma bagi sekitar 34 ribu keluarga yang membutuhkan. Bantuan ini juga termasuk akses internet dan tempat untuk mengisi ulang gadget sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan sanak famili.


5. Lego

Produsen mainan edukasi ini memiliki reputasi yang baik dalam perilaku kerja yang etis, pelaksanaan bisnis yang adil, dan beroperasi setransparan mungkin. Lego memiliki dua program yaitu Build the Change da Sustainable Materials Center dan bekerja sama dengan WWF untuk mendorong leibh banyak linkungan yang berkelanjutan. perusahaan ini  juga berkomitmen pada tahun 2030 nanti akan memproduksi produknya denganmenggunakan bahan-ahan yang lebih ramah lingkungan.


 

 


 

Sumber : entrepreneur.com; kliklegal.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu