Breaking

blog single post
People

5 Tipe Karakter Pengacau Kerja Tim yang Perlu Anda Kenali

Berinteraksi dengan rekan kerja merupakan keniscayaan di lingkungan profesional. Anda tidak bisa mengatur di tim mana Anda ditempatkan, atau dengan siapa Anda akan dipasangkan. Sayangnya di dalam setiap organisasi ada saja pengacau yang menjadi musuh dalam tim baik itu sesama rekan kerja bahkan bila itu adalah bos Anda sendiri. Anda harus cukup peka untuk membaca gelagat ini agar bisa mengantisipasi sekaligus meng-counter tingkah polah yang akan dilakukannya.


1. Si Kompetitor

Tipe orang seperti ini menganggap segala hal sebagai persaingan dan dirinyalah yang harus menang. Ia akan sulit bekerja sama dalam tim karena selalu mementingkan dirinya sendiri.


Untuk bisa bekerja berdampingan dengan watak seperti ini Anda harus menyakinkan dirinya agar memfokuskan diri kepada tujuan jangka panjang dimana ia bukanlah sedang berkompetisi dengan siapapun.


2. Si Pemberontak

Di dalam lingkup kerja Anda ada yang sering terlambat datang? suka membantah atau manjatuhkan wibawa orang lain? Nah inilah si pemberontak. Ia akan dengan sengaja melewati batas waktu pengerjaan tugas bukan karena tidak bisa menyelesaikannya tepat waktu, tapi karena ia tidak mau diatur.


Berikan peringatan langsung bagi sikap-sikap seperti ini supaya mereka tahu bahwa tingkah laku mereka diperhatikan oleh manajemen.


3. Tukang Menunda Pekerjaan

Bila diberitanggung jawab ia akan langsung menyanggupi namun kenyataannya ia tidak bisa menepati janji. Mendekati deadline yang sudah ditentukan, ia bisa tiba-tiba menghilang dan tidak bisa dihubungi.


Mau tidak mau orang seperti ini harus dikawal dengan ketat, seperti mengontrol apa saja yang sudah dikerjakan, sudah sejauh mana dikerjakan dan sebagainya. Lakukan ini paling tidak di masa-masa awal ia bekerja, sambil terus diberi pengertian bahwa tertib deadline adalah penting ditengah tugas yang menumpuk.


4. Drama queen

Mendapat tugas sedikit berat mengeluh. Salah paham dengan rekan kerja lantas menangis. Semua selalu dibesar-besarkan layaknya seorang drama queen yang menyebalkan. Antisipasi tipe pengacau semacam ini dengan tidak mengambil pusing jika ia sudah mulai bertingkah, dan beri tindakan tegas.


5. Si Pemarah

Pengacau jenis yang ini tidak akan segan marah-marah dengan suara besar di depan orang banyak, di telepon bahkan sampai menggebrak meja. Ia senang mempermalukan orang lain. Ketika ia mulai mengeluarkan amarahnya, tegur saat itu juga dan ajak bicara secara pribadi bahwa bila ia tidak memperbaiki sikapnya maka ia harus siap dengan konsekuensinya.


BACA JUGA: Budaya Kerja Menjadi Penentu Sehat atau Tidaknya Sebuah Bisnis

 







   

Sumber : leadersinstitute.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu