Breaking

blog single post
Profesionalisme

6 Trik Menyinergikan Tim dengan Sistem Kerja Remote


Memiliki tim kerja yang tersebar di lain kota bahkan beda negara sudah bukan barang aneh lagi di masa sekarang ini. Meski begitu mereka tetap harus bisa menemukan chemistry agar bisa bersinergi dalam menjalankan tugas, sekaligus memberi mereka kepercayaan bahwa sebagai orang-orang dewasa mereka bisa dipercaya untuk melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya. Untuk itu ada baiknya Anda melakukan pelatihan secara berkala bagi tim yang bekerja secara remote (jarak jauh). Berikut tips melakukan pelatihan kerja secara jarak jauh.   


1. Pilih orang-orang yang kaya akan pengalaman

Langkah pertama bisa Anda awali dengan memilih anggota tim yang kaya akan pengalaman. Mengapa? karena orang-orang ini sudah memiliki banyak pengalaman bekerja dengan berbagai orang sehingga akan mudah bagi mereka untuk mengakrabkan diri dengan tim yang baru dan langsung mulai bekerja.

     

2. Dorong tim Anda supaya belajar satu sama lain

Mintalah agar tim Anda melakukan diskusi rutin untu kmembahas mengenai perkembangan serta kendala apa saja yang ditemui. Dengan begitu bila ada satu orang yang kurang memahami pokok masalah dapat dibantu oleh yang lainnya.

 

3. Buatlah pelatihan menjadi lebih menyenangkan

Sistem e-learning bisa membantu Anda dalam hal ini. Dengan kemudahan akses dari dan di mana saja, simtem pembelajaran seperti initidak mengganggu jadwal kerja masing-masing personil dan malah bisa menjadi solusi bagi kendala yang mereka temui.    


4. Selalu sediakan waktu

Tidak semua orang memiliki daya tangkap yang sama. Begitupun halnya dengan tim kerja yang Anda bangun. Dorong mereka agar tidak segan bertanya kepada Anda maupun anggota tim lain bila sekiranya diperlukan. Bila perlu sekalian Anda carikan sumber-sumber terpercaya untuk menjadi referensinya.   


5. Peluas pengetahuan Anda

Meski bekerja secara remote, posisi Anda sebagai team leader tentu akan menjadi tempat bertanya bagi para anggota tim. Karena itulah Anda diharapkan terus menambah wawasan agar tidak ketinggalan dan bisa sama-sama mencari solusi untuk pemecahan masalah.   


6. Perkuat komunikasi

Perbedaan lokasi dan waktu yang ada tidak jarang menjadi sumber kesalahpahaman antar anggota tim yang bekerja secara remote. Apalagi karena tidak berada di satu ruangan yang sama, tidak ada eye contact dan sebagainya yang bisa menumbuhkan rasa kedekatan. Karena itu biasakan tim Anda untuk memaksimalkan semua saluran komunikasi baik itu WhatsApp, email, Slack, Hangout atau apapun yang bisa Anda manfaatkan untuk berkirim pesan dan file data.     


Membangun tim jarak jauh memang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra agar bisa menjadi satu dan solid. Sebuah tantangan yang Anda dan banyak orang lain hadapi di jaman yang mengedepankan remote working sebagai gaya hidup.


Baca juga: 7 Fakta Mengapa Remote Working Lebih Menyenangkan

 

 



Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu