Breaking

blog single post
Informasi

7 Hal Yang Dilakukan Saat Memulai Kemitraan Bisnis

Anda telah menemukan seseorang yang menurut Anda akan menjadi mitra bisnis yang hebat. Anda telah mengajukan semua pertanyaan yang tepat dan Anda pikir orang ini berbagi komitmen Anda dengan kemitraan. Tetapi sebelum Anda mulai bermitra dengan orang lain, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, agar kemitraan yang dijalani berhasil.

Tahap Pertama:

Sebelum Anda membuat komitmen terakhir dengan mitra bisnis potensial, Anda harus mengecek beberapa hal berikut.

1. Lakukan Pemeriksaan Kredit

Penting untuk Anda mengetahui situasi keuangan seseorang dan potensi dirinya apakah membahayakan bisnis Anda dengan kredit macet. Untuk hal ini, sebagai calon mitra bisnis, Anda dapat melakukan pemeriksaan kredit, termasuk laporan kredit bisnis mereka. Pemeriksaan kredit dapat membantu menilai karakter calon mitra yang memiliki peringkat kredit baik atau buruk.

2. Periksa Referensi

Mintalah daftar singkat calon mitra bisnis kepada orang yang dapat memberikan referensi. Hubungi dan bicaralah dengan mereka untuk dicarikan apakah terdapat laporan yang kurang bagus dari calon mitra. Hal ini dapat membantu Anda agar tidak bermasalah di kemudian hari atau gagal seperti sebelumnya.

3. Cek Jejaknya Di Social Media

Anda dapat mengecek website dan social media terkait pribadi calon mitra bisnis maupun bisnis yang dijalaninya.  Adakah sesuatu yang dapat dipertanyakan atau sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman? Adakah sesuatu yang Anda tidak ingin klien atau pelanggan melihatnya? Anda harus jeli dan mengikuti kata hati.

4. Pertimbangkan Untuk Meminta Tes Kepribadian

Anda dan calon mitra bisnis dapat mengikuti tes kepribadian. Ada berbagai jenis tes pekerjaan yang mungkin memenuhi tujuan Anda, termasuk tes kepribadian yang dapat memberikan informasi berharga tentang bagaimana kepribadian Anda cocok bekerja bersama orang lain.


Tahap Kedua:

Setelah membuat komitmen dengan mitra bisnis, Anda harus mendaftarkan kemitraan bisnis secara hukum. Namun sebelum itu, Anda harus menyiapkan tiga dokumen yang harus ditandatangani. Anda membutuhkan bantuan pengacara untuk mengurus hal-hal terkait hukum.

5. Tentukan Struktur Organisasi Kemitraan Anda

Setelah itu, Anda perlu mempersiapkan dan menyetujui struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan. Membuat struktur organisasi beserta tugas dan tanggung jawab yang sesuai dan dapat mendukung keberhasilan bisnis. Dokumen-dokumen yang terkait penting untuk menghindari perselisihan dan kesalahpahaman.

6. Tulis Perjanjian Kemitraan

Adanya perjanjian kemitraan menepatkan secara tertulis persetujuan Anda dan mitra bisnis dalam berbagai hal termasuk pembagian keuntungan. Beragam perjanjian seperti perjanjian non persaingan, perjanjian kerahasian, dan lainnya harus ditandatangai Anda dan mitra bisnis.  

7. Membuat strategi penyelesaian yang baik

Apabila terjadi sesuatu hal yang dapat mengganggu jalannya bisnis Anda, hingga kemitraan bisnis Anda harus dibubarkan atau diubah, Anda harus memiliki kesepakatan bersama yang adil bagi kedua belah pihak.


Itulah hal-hal yang harus Anda persiapkan saat memulai bisnis, apalagi saat Anda berencana berbisnis dengan menggandeng mitra. Lakukan ujian secara tuntas untuk menghindari masalah dan kerugian finansial di kemudian hari.



Baca Juga : Berbisnis sekaligus Berwisata Berkesan di 5 Kota Di Indonesia

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu