Breaking

blog single post
Inspirasi

8 Faktor Desain Meeting room Keren Sesuai Psikologi Ruang

Ruang kantor bukan sekedar tempat bekerja saja. Bisa dibilang ruang kantor merupakan sebuah nyawa bagi para karyawan. Di tempat itulah mereka mengeluarkan ide, memompa produktifitas, dan tempat berkreasi selama 5 hari dalam seminggu. Untuk itu, sudah menjadi sebuah kewajaran bagi para pebisnis utnuk mendesain atau menyewa ruang kantor unik agar terlihat lebih menarik serta nyaman untuk ditinggali setiap harinya.

Selain ruang kerja, meeting room pun perlu diperlakukan sama. Baik meeting room di kantor atau menyewa paket meeting room hotel, penting untuk memperhatikan desain. Dimana dalam meeting room lah para karyawan akan berkumpul untuk mendiskusikan ide atau sekedar berbagi pikiran. Untuk menghadirkan ide kretif untuk keberhasilan bisnis, diperlukan suasana yang tidak biasa. Tidak sekedar mendesain atau menyewa asal-asalan paket meeting room hotel, namun memanfaatkan psikologi ruang.

Sebagai contoh, di bawah ini akan dijelaskan hal apa saja yang mempengaruhi desain meeting room. Sekaligus menjadi aspek yang patut diperharikan saat Kamu akan menyewa paket meeting room hotel yang tidak membosankan karena memperhatikan psikologi ruang.

 

1. Atap Orisinil

Terkadang orang lebih memikiran segala sesuatu yang berbau modern. Padahal, ada baiknya jika mencoba sesuatu yang orisinal dan lebih natural untuk paket meeting room hotel. Contohnya dengan mengaplikasikan material kayu sebagai langit-langit ruangan. Penggunaan atap yang orisinal akan memberikan kesan hangat yang homey. Dengan begitu, penampilan meeting room pun menjadi semakin menarik serta membantu menghasilkan ide kreatif.

 

Baca Juga: 3 Tempat Kerja Favorit Remote Worker yang Dilengkapi Meeting Room

 

2. Karpet

Saat menyewa paket meeting room hotel, Kamu pasi lebih banyak menemukan lantai ruangan yang mengunakan keramik, marmer, atau lapisan bermotif kayu. Kini saatnya untuk mencari meeting room dengan tampilan yang lebih go green dan atau berkonsep  lainnya. Jika untuk di kantor sendiri caranya lebih mudah, Kamu bisa menggunakan karpet seperti rumput. Kemudian tambahkan layout yang bersinergi. Pilihan lainnya, Kamu bisa memilih karpet yang sesuai dengan konsep ruangan seperti warna cokelat, abu, atau hitam.

 

3. Dekorasi

Untuk mendekorasi meeting room, diperlukan sebuah elemen yang berguna untuk menulis dan mencatat ide-ide gagasan yang mungkin akan sulit diingat tanpa dicatat. Maka, diperlukan alat untk memfasilitasi kebutuhan tersebut baik secara visual maupun audio. Untuk itu, Kamu bisa menggunakan konsep old-fashioned untuk dekorasi meeting room. Seperti menggunakan radio berperekam dan papan tulis dengan kapur.

 

4. Meja Bundar

Penggunaan meja budar bisa multifungsi. Tidak hanya untuk meeting tapi juga bekerja. Meja bundar menyiratkan taka da batas antara karyawan dan pemimpin karena memudahkan komunikasi dua arah satu sama lain saat bekerja sehari-hari. Keselarasan ini menambah daya kreatifitas karena tidak adanya bossy ambience yang baisanya menimbulkan ketakutan dan ketgangan terhadap karyawan. Selain itu, dengan memiliki meja bundar Kamu tidak perlu membuat meeting room terpisah. Meja bundar sangat efektif untuk dijadikan tempat meeting seperti di tempat-tempat paket meeting room hotel kebanyakan.

 

5. Kontrol HVAC

Kontrol HVAC maksudnya meliputi Heating, Ventilation, dan Air Condition. Di mana dengan adanya fungsi HVAC ini akan menitikberatkan pada pola pencahayaan dan temperatur ruangan. Ada kalanya pendingin diperlukan saat cuaca sangat terik dan begitu pula sebaliknya.

Di sisi lain, penataan cahaya pun memegang peranan yang tidak kalah penting. Cahaya alami akan memberikan efek relaks yang mampu menambah daya ingat dan kreatifitas. Penggunaan jendela kaca besar adalah pilihan yang tepat untuk mempersilakan cahaya matahasi masuk ke dalam meeting room.

 

Baca Juga: Standar Meeting Room yang Pas untuk Pelaku Bisnis

 

6. Pojok Literasi

Bekerja tanpa henti selama 8-10 jam bukan berarti produktif lho. Ada kalanya hal seperti itu kurang baik terhadap pekerja. Penting bagi karyawan setiap harinya mendapat asupan literasi sambil beristirahat sejenak dari tumpukan tugas. Perusahaan bisa mempertimbangkan membuat perpustakaan kecil di pojok ruangan. Letakan berbagai macam buku terkait bisnismu, majalah, koran, dan bulletin bulanan. Membaca selalu berhasil menjadi solusi di kala tidak memiliki inspirasi. Selain itu, rak buku denan penataan yang rapi bisa memanjakan mata lho!

 

7. Interior Eye Catching

Pemilihan interior memang menjadi kunci untuk membuat sebuah ruangan menjadi lebih menarik. Namun, Kamu juga bisa memaksimalkan penataan meja dan kursi sederhana untuk memberikan kesan yang eye catching lho! Dengan tambahan kreasi pada interior bisa memberikan kesan berbeda dan mampu meyita perhatian dengan tampilannya. Selain itu juga, acara ini bisa dilakukan bersama-sama dengan seluruh karyawan untuk menambah keceriaan dan kekompakan mereka.

 

8. Ruang Transparan

Ruang transparan merupakan salah satu desain meeting room yang bisa mempengaruhi psikologis ruang. Kaca besar yang langsung tembus ke ruang kerja bermanfaat untuk melemparkan segala kejenuhan dan mind  blocking dengan melihat aktifitas orang lain. Hal itu bisa saja memberikan kesempatan inspirasi masuk. Ruangan tranparan seperti ini memang sulit ditemui di paket meeting room hotel yang bersifat privat. Namun, Kamu bisa mendapatkan ruang transparan ini di Co-Working Space murah terbaik.

 

Jika kantormu belum memiliki desain yang bisa mempengaruhi psikologis ruang seperti di atas, tidak ada salahnya untuk bekerja dan meeting di luar sesekali untuk mendapatkan ambience baru. Apapun pilihanmu, baik itu paket meeting room hotel atau Co-Working Space murah terbaik Kamu bisa menemukannya di SpotQoe.com.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu