Breaking

blog single post
Profesionalisme

8 Langkah Merencanakan Event Perusahaan Berskala Kecil

Memasuki tahun yang baru biasanya kalender kegiatan perusahaan sudah dipadati dengan berbagai rencana, termasuk di antaranya event offline dan online dari divisi marketing. Untuk urusan semacam ini biasanya perusahaan menyerahkannya kepada pihak Event Organiser (EO), namun ceritanya bisa berbeda jika perusahaan sedang berhemat dan lebih memilih mempercayakan pengaturan acara berskala kecil kepada sumber daya manusia yang dimiliki, yaitu Anda.

1. Tentukan Waktu Pelaksanaan Acara

Rincilah terlebih dahulu kapan sebuah event akan dilaksanakan dari mulai tanggal, waktu. Hindari mengadakan acara bertepatan dengan saat akhir pekan ataupun hari libur nasional.

2. Tentukan Jumlah Tamu Undangan

Buatlah daftar berapa banyak dan siapa saja orang-orang yang akan diundang sebagai tamu, siapa yang akan menjadi pembicara, hingga siapa moderator acara. Ketika Anda sudah mengetahui atau paling tidak memperkirakan berapa banyak jumlah orang yang akan hadir, maka akan lebih mudah juga menentukan lokasi yang akan digunakan

3. Tentukan Lokasi Acara

Ada berbagai event space yang cocok untuk acara perusahaan dengan kapasitas 10-30 orang seperti restoran untuk event yang sifatnya informal, atau hotel yang lebih formal. Agar menghemat waktu dan juga tenaga, Anda bisa mencarinya secara online baru kemudian booking dan tunggu konfirmasi dari pihak lokasi.

4. Buatkan Strategi Marketing yang Menarik

Point ini tergantung dari peruntukkan event, apakah untuk kebutuhan internal seperti gathering atau untuk kebutuhan publikasi seperti launching product. Karena jika berurusan dengan pihak luar perusahaan, artinya Anda akan mengundang orang untuk datang, dan ini membutuhkan strategi sendiri. Ini adalah tantangan tersendiri karena event gratis sekalipun tidak otomatis akan menarik banyak pengunjung. Tapi benefit atau value yang tepatlah yang akan membuat mereka datang.

5. Buatkan Anggaran Perorangan

Konsumsi dan goodie bag adalah dua pos anggaran yang perhitungannya lebih praktis menggunakan porsi perorangan. Misalnya, Rp 30.000 per porsi snack x 30 orang. Begitu juga halnya dengan isi goodie bag yang [erlu diperhitungan supaya biaya acara tidak membengkak. 

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu