Breaking

blog single post
Informasi

8 Penyebab Demotivasi Karyawan Beserta Solusinya

Demotivasi, secara sederhana adalah kondisi orang yang kehilangan motivasi. Lebih rinci, demotivasi adalah perasaan lelah dalam rutinitas sehari-sehari salah satunya di kantor. Kondisi seperti ini, sangat merugikan diri sendiri dan perusahaan. Perusahaan akan mengalami banyak karyawan yang mengundurkan diri, menurunkan produktivitas, dan membuat lingkungan kerja yang buruk. Bagi karyawan, mereka akan menurunkan performa dan kemampuan mereka dalam profesi yang ditekuni.

 

Oleh karena itu, tidak hanya karyawan saja tetapi perusahaan pun harus mengetahui penyebab demotivasi atau rasa kehilangan semangat kerja dan solusi untuk kondisi ini. Sehingga, lingkungan kerja yang baik bisa menghasilkan kondisi tubuh yang prima dan kerja yang maksimal.


Pertama, Gaji yang Tidak Sesuai

Uang merupakan hal yang sangat sensitif di dalam bidang apapun. Di dalam perkerjaan, sering kali kita membandingkan nikmat yang mereka dapat dalam jabatan tertentu dan tanggung jawabnya. Sebagai contoh, ketika Kamu di dalam sebuah tim sebagai seorang anggota tentu akan ada rasa iri apabila Kamu mengetahui gajimu lebih kecil dari anggota yang lain dengan tanggung jawab yang sama.

 

Mungkin mereka mempunyai nilai lebih dan kemampuan negosiasi saat melamar kerja. Jadi lebih baik Kamu tetap semangat dan menghasilkan nilai yang lebih sehingga bisa mengajukan kenaikan gaji atau bos melihat kinerja Kamu dan menaikan gaji.

 

Baca Juga: Tips Tingkatkan Karyawan Jelang Akhir Tahun

 

Selain itu, ada juga kondisi saat Kamu melamar sebagai jabatan tertentu dengan gaji sekian. Namun, beriringnya waktu tanggung jawab bertambah tanpa penyesuaian gaji. Di posisi ini, Kamu bisa memberanikan diri untuk mengatakan tidak atau bisa meminta penyesuaian gaji bila ada pekerjaan tambahan yang sifatnya menjadi rutin.

 


Kedua, Malas

Kemalasan bisa timbul dari sifat pribadi Kamu atau lingkungan kerja yang malas. Lingkungan kerja yang dimaksud bisa lebih ke teman kantor yang malas, tetapi tetap mendapatkan penilaian yang baik. Bila seperti ini, ingatlah diri Kamu bekerja bukan untuk  perusahaan tapi untuk kemajuan diri sendiri sehingga ada kesempatan bagi kantor lain untuk menghargai keahlian Kamu.

 

Lain halnya, bila ruangan kantor yang membuat Kamu merasa malas. Kamu bisa mengajukan sewa paket meeting room kepada atasan dengan mengatakan untuk menghilangkan rasa malas karena bosan dengan pemandangan yang monoton.

 

Ketiga, Jenuh

Rasa jenuh bisa membuat Kamu kehilangan motivasi. Di sini, Kamu harus memahami hal yang menimbulkan rasa jenuh. Apakah dari tanggung jawab yang monoton, tidak sesuai dengan bakat dan kemauan, atau dari ruang kerja yang begitu saja.

 

Solusinya, Kamu bisa mempraktekan bakat di waktu luang. Kamu juga bisa memberanikan diri meminta tanggung jawab lebih. Nah, itu masalah ruang kerja kamu bisa menghiasnya secara tematik. Selain itu, Kamu juga bisa bekerja di kafe sambil meeting. Namun, Kamu juga bisa menyewa ruangan di tempat coworking. Tapi, kalau Kamu mau sewa lebih baik secara online karena bisa kehabisan tempat dengan orang yang mbekerja dengan menyewa paket meeting room.

 

Baca Juga: Tips Agar Bersemangat Meeting Seharian Penuh 

 

Keempat, Sistem Kerja

Perlu diketahui, sistem kerja diberbagai perusahaan sangatlah beragam. Kamu tidak bisa membandingkan dengan sistem kerja yang Kamu sukai di perusahaan yang dulu Kamu isi. Kamu harus berani mencari tahu atau bertanya saat interview.

 

Kelima, konflik

Pertikaian bisa terjadi dari berbagai sisi. Entah itu dari atasan, bawahan, atau rekan kerja. Salah satu hal yang sepele bisa terjadi saat menggunakan meeting room. Ketika Kamu satu jam lagi akan mengadakan meeting besar dengan bawahan, tetapi harus mengalah dengan meeting dadakan board director. Kamu perlu mengantisipasi ini dengan cara menyewa paket meeting room. Kamu tidak perlu memicu konflik, meski atasan salah.

 

Keenam, Kurang Cocok dengan Atasan

Berkerja tentu akan menemukan banyak orang yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Kamu bisa bertemu dengan orang yang sesuai atau bertentangan dengan karakter Kamu. Di sini, Kamu harus mampu menilai atasan dan melihat apa yang mereka mau. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan semangat kembali. Selain itu, Kamu juga bisa sering mengajak atasan meeting di luar. Dengan suasana yang berbeda, Kamu bisa menyampaikan kegelisahaan yang dirasakan. Pilih paket meeting room yang paling nyaman sehingga mengurangi kesan kaku, rekomendasi yang tepat untuk sewa meeting room online di SpotQoe.com.

 

Ketujuh, Kondisi Perusahaan Tidak Stabil

Sebagai karyawan, Kamu memang memerlukan kondisi perusahaan yang stabil. Di sanalah tempat Kamu menggantungkan hidup berserta keluarga. Dengan begini, sebagai tindakan pencegahan Kamu bisa membuka usaha untuk dikembangkan bersama dengan pasangan. Selain itu, Investasi bisa menjadi alternatif dari phk.

 

Kedelapan, Holiday Sindrom

Penyebab demotivasi yang terakhir, sadar atau tidak justru paling banyak dialami oleh karyawan. Yaitu, masuk kerja setelah liburan. Biasnaya di masa-masa seperti ini karyawan masih mengalami post holiday sindrom atau sindrom paska liburan. Dalam kasus ini, holiday yang dimaksud memang merujuk pada liburan panjang. Namun, penulis lebih mengerucutkan lagi masalah ini, yaitu masuk hari senin setelah weekend. hari senin kerap menjadi momok yang kurang menyenangkan oleh banyak karyawan. Hal ini memang wajar, tapi jika terus terjadi setiap minggu tentu akan menganggu produktifiasmu. Untuk mengatasinya, ada banyak sekali tips yang bisa dilakukan. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, Kamu bisa klik link di bawah ini.

 

Baca Juga: Suasana Bekerja untuk Mengatasi Sindrom Post Holiday Blues

 

Itulah alasan-alasan yang sering menyebabkan timbulnya demotivasi. Salah satu solusinya, menyegarkan suasana baru tanpa harus repot dengan menyewa paket meeting room online di SpotQoe.com. Kamu juga harus berpikir positif sehingga tetap menjauhkan diri dari kondisi demotivasi. Selain itu, pergunakanlah cuti panjang untuk liburan bersama keluarga yang bisa membuat Kamu menghargai pekerjaan Kamu sekarang.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu