Breaking

blog single post
Industry

8 Perusahaan Investor Ternama yang Sering Memberikan Pendanaan Bagi Start Up di Indonesia

Bagi perusahaan rintisan atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan start up, investasi merupakan hal yang penting. Baik untuk melangsungkan bisnisnya atau untuk mengekspansinya menjadi lebih besar. Kehadiran investasi ini tidak semata-mata karena dukungan atas network saja. Tetapi, setiap perusahaan rintisan harus memaparkan ide usaha mereka semenarik mungkin untuk mendapatkan kepercayaan guna memperoleh sokongan dana. Investor harus percaya ide yang diajukan akan terus berkembang. Maka tidak heran jika kehadran investor sangatla penting bagi perkembangan bisnis start up di tanah air.


Baca Juga:Sudah dimana Pendanaan Startup mu?

 

1. East Ventures

Apabila Kamu sering melihat pemberitaan bisnis dan menonton berita, Kmau pasti pernah mendengar nama East Ventures. Perusahaan investasi ini memang sangat terkenal karena seringkali terlibat dalam pendanaan beberapa start up besar di Indonesia. East Ventures telah berpartisipasi menyokong dana untuk 192 bisnis rintisan di tanah air.

Beberapa diantaranya ialah Tokopedia. Tokopedia pada awal-awal berdiri mendapatkan pendanaan sebesar USS 1,1 miliar. Kemudian ada juga Traveloka yang mendapakan investasi sebesar USS 350 juta. Termasuk juga start up Kudo, Loket, dan masih banyak lainnya. Dengan track record keberhasilan para bisnis yang diusungnya, East Ventures terdaftar menjadi salah satu investor terbaik yang diincar oleh para perintis usaha baru.

 

2. Cyber Agent Ventures (CAV)

Perusahaan investor ini berasal dari negeri matahri, Jepang. Namun, Cyber Agent  Venture ini nampaknya cukup giat mencari bibit usaha yang menjanjikan di masa depan. Bahkan saat ini, Cyber Agent Venture telah menggelontorkan dana ke beberapa perusahaan di seluruh Asia. Menarik lagi, beberapa perusahaan tersebut berhasil mencapai kesuksekan saat ini. Beberapa di antaranya adalah Tokopedia,  Bilna, Kurio, HarukaEdu, dan masih banyak lagi.

 

3. Golden Gate Ventures

Golden Gate Ventures mulai berinvestasi sejak tahun 2011. Mereka berhasil melihat peluang yang besar bagi perkembangan start up di Indonesia. Sedangkan industrinya sendiri, Golden Gates Ventures kebanyakan berinvestasi pada e-commerce, marketplace, platform SaaS, dan lain-lain. Perusahaan rintisan Indonesia yang berhasil dengan sokongan dana mereka adalah AloDokter, Duit Pintar, Indo Trading, Carousell, dan CodePay.

 

4. Gobi Partners

Perusahaan investasi yang satu ini sudah cukup lama bergelut dibidang pendanaan, yaitu 15 tahun sepanjang perjalannya, telah banyak perusahaan yang berhasil disokong di seluruh kawasan ASEAN. Mayoritas perusahaan yang mereka sokong adalah bisnis cloud computing, e-commerce, fintech, hinga start up yang bergerak dalam ranah muslim. Contoh diantaranya adalah Travelio, Sale Stock, TripVisto, dan masih banyak lainnya.

 

Baca Juga: Ingin Jadi Co-Founder Startup? Jawab Dulu Pertanyaan Ini
 

5. Venturra Capital

Perusahaan investasi yang satu ini berasal dari Indonesia yang berada di bawah naungan Lippo Group. Ventura Capital termasuk ke dalam investor terbesar di tanah air. Cukup banyak jenis startup yang tercatat telah bekerjasama dengan mereka untuk mengenspansi bisnis. Beberapa diantaranya adalah Ruang Guru, Zillingo, Matahari Mall, dan Caro. Ventura Capital menyatakan bahwa mereka berinvestasi bukan semata melihat model bisnis saja. Tetapi, lebhih tertarik pada pertimbangan gagasan yang diajukan pendiri bisnis.

 

6. 500 Startups

500 Start up merupakan salah satu investor ternama yang memiliki banyak andil dalam membangun mimpi anak-anak muda Indoneisa. Pada tahun 2017, perusahaan ini tercatat telah menggelontorkan dana sebesar RP 650 miliar ke 250 perusahaan start up di Asia Tenggara. Jumlah fantastis ini tentu sangatlah besar. Pihak 500 Startups sendiri mengungkapkan bahwa mereka ingin mengambil peran dalam ekosistem bisnis baru dan berkontribusi di dalamnya. Supaya start up-strat up tersebut bisa tumbuh dan menciptakan generasi kreatif. Beberapa startup yang didukung oleh perusahaan ini antara lain, Fabelio, Pomelo, KFIT, Happy Fresh, dan Qraved.

 

7. Wavemaker

Setiap perusahaan start up yang disokong oleh perusahaan investasi yang satu ini disebut dengan Wavemakers. Sehingga dengan begitu, investor ini terlihat sangat mendukung pertumbuhan bisnis dan ide kreatif. Fokus industry start up yang disasar oleh Wavemakers adalah AdTech, FinTech, dan solusi enterprise. Sedangkan start up yang sudah mereka dukung adalaj Glints, Zap, Moka, Zillingo, dan lain-lain.

 

Baca Juga: Sicks Building Syndrom yang Sering Menyering Pekerja
 

8. Convergence Ventures

Berdiri pada akhir tahun 2014, Convergence Ventures sekejap menjadi perusahaan investor terbesar yang diminati oleh para pelaku usaha baru. Bahkan Convergence Ventures terus membuka kesempatan bagi perusahaan yang ingin didukung dari segi dana dan ide kreatif. Hingaa hari ini, beberapa perusahaan yang sempat ditunjang danabta oleh Convergence Venture.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu