Breaking

blog single post
Informasi

Aplikasi Pendeteksi Gempa

Gempa bumi bermaginitudo 7,4 disertai terjangan gelombang tsunami pada Jumat, 28 September lalu mengguncang Palu, donggala dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun sempat memperingatkan adanya potensi tsunami akibat gempa dahsyat ini. Getaran gempa pun dirasakan hingga  ke Makassar, Sulawesi Selatan dan Samarinda, Kalimantan Timur.

Menurut informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin 1 Oktober 2018, pukul 13.00 wib, tercatat korban tewas mencapai 844 orang. Bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami bukanlah yang pertama kali terjadi di Indonesia, karena menurut catatan sejarah, Indonesia berada di Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik. Artinya Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia dan berada di tiga tumbukan lempeng benua yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Meski hingga saat ini sulit untuk mendeteksi kapan bencana alam seperti gempa bumi serta  tsunami di Palu dan Donggala, namun terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu memberikan informasi penting dan terkini saat bencana alam terjadi.

  1. Info BMKG

Info BMKG adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh BMKG. Ada beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini seperti notifikasi gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan info aktual seputar BMKG. Pengguna aplikasi ini juga bisa memperoleh informasi seputar prakiraan cuaca berdasarkan lokasi. Untuk informasi gempa bumi, hanya gempa bermagnitudo di atas 5 skala richter saja yang akan muncul sebagai notifikasi, dan dilengkapi dengan jarak epicentrum ke lokasi pengguna. Aplikasi Info BMKG bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. BMKG merekomendasikan untuk pengaturan lokasi ke mode High Accuracy, agar info yang didapat lebih akurat.

  1. Disaster Alert

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pasific Disaster Centre (PDC) di Hawaii. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melacak peta bencana alam yang sedang terjadi saat ini, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, badai, longsor, banjir hingga kebakaran hutan. Selain itu, aplikasi ini bahkan bisa melacak pesebaran wabah suatu virus. Didukung oleh platform DisasterAWARE besutan PDC, disaster Alert akan memberikan notifikasi berdasarkan GPS. Pengguna aplikasi ini  juga bisa melihat detail lain seperti informasi lebih lanjut tentang lokasi mana saja yang berbahaya. Aplikasi Disaster Alert bisa diunduh pengguna iOS dan Android.

  1. QuakeFeed

Aplikasi ini diperuntukan khusus bagi pengguna iOS, baik iPhone maupun iPad. Seperti namanya, aplikasi ini ditujukan untuk menginformasikan gempa yang terjadi. Namun sejauh ini aplikasi quakeFeed hanya bisa mendeteksi gempa bermagnitudo 1,0 di Amerika Serikat dan 4,5 skala richter di negara lain. Pengguna akan disuguhkan apa yang sedang terjadi di peta Ring of Fire, saat membuka aplikasi ini. Aplikasi QuakeFeed bisa melacak daftar gempa yang baru terjadi dan memberitahukan informasi gempa yang terjadi di sekitar lokasi pengguna.


Itulah beberapa aplikasi pendeteksi gempa yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui informasi gempa yang terjadi. Semoga dapat membantu Anda.



Baca Juga : Yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi

Gambar : Google.com

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu