Breaking

blog single post
Profesionalisme

Atasi Rasa Gugup Saat Presentasi, Ini Caranya!

Anda yang pernah tampil di depan khalayak untuk presentasi perihal pekerjaan, pasti pernah merasakan gugup. Keringat dingin, tangan bergetar sampai berbicara terbata-bata, biasanya dialami oleh orang yang gugup saat berbicara di depan orang banyak. Ternyata rasa ggup terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena Anda tidak 100% memahami materi presentasi atau Anda memiliki rasa khawatir takut gagal karena memberikan presentasi yang kurang maksimal. Untuk menghilangkan rasa gugup, Anda harus bersikap santai dan tenang. Anda juga bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi rasa gugup saat membawakan presentasi.

1. Pahami dengan baik materi presentasi

Anda harus memahami materi presentasi secara keseluruhan dan mendalam. Sebaiknya Anda mempelajari materi beberapa hari sebelum presentasi dilaksanakan. Saat materi telah dipahami dengan baik, maka akan lebih mudah untuk Anda menjelaskan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang yang mengikuti presentasi Anda. Andapun bisa lebih tenang dan percaya diri.

2. Berdoalah sebelum memulai presentasi

Selain telah mempersiapkan diri dengan memahami materi secara maksimal dan mendalam, sebelum melakukan presentasi Anda tidak boleh lupa untuk memanjatkan doa. Berdoalah kepada Tuhan untuk mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam memaparkan materi presentasi. Berdoa juga menjadi salah satu kunci yang bisa membuat Anda merasa tenang dan optimis dalam menyelesaikan presentasi dengan baik.

3. Tarik napas dalam-dalam dan buang perlahan

Anda yang merasa gugup dan panik, bisa melakukan teknik yang telah lama dilakukan oleh banyak orang. Teknik tarik napas dan buang napas sangat membantu orang yang tengah dilanda rasa gugup dan khawatir. Teknik ini bisa Anda terapkan di saat merasa gugup dan tidak percaya diri.

4. Minumlah air putih

Ketika Anda merasa gugup dan khawatir, terutama saat hendak melakukan presentasi, Anda dapat meminum air putih. Minum air putih juga membantun mulut tidak terasa kering, juga menghilangkan bau mulut. Jangan minum air putih berlebihan karena justru akan membuat Anda ingin buang air kecil.

5. Biasakan diri tersenyum

Senyuman dapat menutupi rasa gugup yang sedang Anda alami. Senyuman yang Anda lemparkan ke orang-orang yang mengikuti presentasi, memberikan sinyal kepada mereka seolah-olah Anda percaya diri. Selain itu, dengan tersenyum Anda juga melemaskan otot wajah yang kaku. Satu lagi, senyum merupakan bentuk ibadah dan menyebarkan aura positif kepada diri sendiri dan orang lain.

 

Nah, itu tadi beberapa tips agar Anda tidak lagi gugup saat hendak presentasi. Anda harus tetap menyisihkan waktu untuk berlatih agar materi presentasi yang dibawakan bisa di presentasikan dengan baik dan sukses.



Baca Juga : Pentingnya Gesture Tangan dalam Membawakan Presentasi

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu