Breaking

blog single post
Informasi

Aturan Penting Yang Harus Dipatuhi Selama di Pesawat

Kabar duka pagi ini, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 rute Jakarta - Pangkal Pinang  hilang kontak dan jatuh di perairan utara, Tanjung Karawang, Jawa Barat, setelah 10 menit lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta. Diketahui, sebanyak 189 orang berada di dalam pesawat yang dikemudikan pilot senior asal India Captain Bahvye Suneja. SpotQoe Turut berduka cita atas musibah kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT610 . Semoga seluruh korban segera ditemukan dan keluarga para korban tetap bersabar dan tabah dalam menghadapi musibah ini.

 

Meski belum diketahui penyebab pasti kecelakaan pesawat di Tanjung Karawang, Jawa Barat ini, namun demi menjaga keselamatan bersama saat terbang menuju tujuan. Terlebih Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis untuk meeting atau pertemuan, training hingga seminar di luar kota bahkan luar negeri. Sebagai penumpang pesawat, penting untuk kita menyadari dan mematuhi aturan selama berada di dalam moda transportasi tersebut. Lantas apa saja peraturan yang harus kita pahami dan ikuti? Berikut ulasannya untuk Anda:

1. Anda tidak boleh membuka meja baki di belakang kursi penumpang saat pesawat lepas landas dan mendarat.

Untuk diketahui, lepas landas dan mendarat adalah dua fase paling penting sekaligus kritis dari sebuah penerbangan. Meja baki harus tetap terlipat agar bisa digunakan untuk berjalan saat keadaan darurat. Hal ini memudahkan evakuasi penumpang.

2. Anda harus membuka tirai jendela pesawat selama take off dan landing.

Mungkin sebagian dari Anda sering diingatkan oleh pramugari untuk membuka tirai jendela pesawat saat take off dan landing. Ternyata hal ini harus dilakukan karena memudahkan para awak kabin untuk melihat situasi di luar dari jendela pesawat serta memberikan gambaran bagi mereka untuk memilih jalur evakuasi paling aman jika terjadi keadaan darurat untuk mendarat.

3. Anda harus menegakkan posisi kursi saat take off dan landing.

Seperti alasan meja baki yang harus dilipat, kursi penumpang pun harus ditegakkan karena tidak akan menjadi penghalang jalan bagi orang yang duduk di belakang kursi Anda ketika harus dilakukan evakuasi ketika terjadi keadaan darurat. Selain itu, dengan menegakkan kursi akan memudahkan penumpang untuk melakukan prosedur keselamatan yaitu posisi mendekap lutut saat hendak dilakukan pendaratan darurat.

Sebagai informasi, menurut ketentuan FAA (Federal Aviation Administration), idealnya setiap penumpang pesawat dapat keluar dari pesawat dengan cara tercepat dan teraman dalam waktu 90 menit.

4. Simpanlah barang-barang Anda di bawah kursi sebelum pesawat lepas landas maupun saat hendak mendarat.

Anda harus mendengarkan instruksi pramugari saat meminta penumpangnya menyimpan barang di bawah kursi depan saat take off maupun landing. Tahukah Anda bawa benda yang tidak berbahaya seperti buku bisa menjadi benda berbahaya yang menekan tubuh bila pesawat menukik jatuh dari langit dengan kecepatan tinggi.

5. Anda harus meredupkan lampu pesawat saat take off dan landing.

Meredupkan lampu pesawat merupakan prosedur keselamatan standar yang memiliki tujuan membuat mata penumpang pesawat beradaptasi lebih cepat dengan kondisi cahaya yang redup selama evakuasi untuk pendaratan darurat.


Itulah beberapa aturan penting yang harus dipahami dan dipatuhi oleh Anda para penumpang pesawat selama berada di pesawat. Jangan lupa selalu berdoa agar perjalanan Anda lancar sampai ke tempat tujuan. Selamat beraktivitas dan patuhi aturan di pesawat untuk Anda yang akan melakukan aktivitas meeting, training, seminar bahkan liburan di luar kota maupun luar negeri.  



Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu