Breaking

blog single post
People

Bagaimana Agar Tetap Produktif di Masa-masa Liburan

Ok, jadi Anda tetap bekerja sementara rekan lainnya berlibur hari raya. Tidak masalah. Malahan ini bisa jadi celah untuk memperbaiki dan mengasah kemampuan diri agar lebih mumpuni lagi dalam bidang yang Anda tekuni. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk itu, selain tentunya untuk mengisi waktu selama rentang waktu jam kerja. Secara umum pekerjaan rutin kemungkinan besar juga akan melambat bahkan berhenti sama sekali. Terutama bila yang ada lakukan berhubungan langsung dengan klien, mereka tentunya juga sedang menikmati liburan bukan?


Nah ini saat yang tepat bagi Anda untuk membenahi berbagai hal yang berkaitan dengan kinerja Anda.

1. Pendalaman materi

Dari pada hanya bengong dan membuang waktu di kantor, lebih bermanfat bila Anda memelajari dan dalami lagi bidang kerja Anda. Youtube atau artikel-artikel terkait bisa memperkaya apa yang selama ini sudah Anda ketahui. Bisa jadi ada tren terbaru yang belum Anda tahu sedang terjadi.


Waktu berkualitas seperti ini sulit Anda dapatkan pada jam-jam kerja normal karena sudah pasti anda akan disibukan dengan berbagai hal. Jadi manfaatkanlah masa tenang ini sebagai celah untuk belajar.


2. Berkirim kabar kepada orang-orang yang menjadi network Anda

Berkenalan, berbincang ringan lalu bertukar kartu nama sering Anda lakukan saat sedang membuat pertemanan di event-event seperti seminar maupun workshop. Setelahnya? sudah bisa diduga bahwa kartu nama itu akan Anda simpan entah sampai kapan.


Masa tenang selama liburan ini saat yang tepat untuk 'menghidupkan' kembali perkenalan singkat yang lalu. Ingat-ingat kembali di acara apa Anda dan dia bertemu lalu apa kira-kira yang Anda perbincangkan saat itu. Ini bisa menjadi moda Anda untuk membuka percakapan agar tidak terkesan aneh setelah lama tidak berkabar kemudian tiba-tiba Anda mengirim email.


Anda bisa menuliskan semacam:

"Halo Andy, apa kabar?


Mungkin Anda tidak ingat tapi kita pernah bertemu di acara worshop bulan lalu. Kalau ada waktu mungkin kita bisa makan siang bersama?


Terima kasih"


3. Bersih-bersih email

Ini waktunya menata ulang email Anda agar lebih teratur dan daya tampungnya kembali pulih untuk sebelum dimulainya kembali rutinitas kerja

  • Kosongkan inbox, sent item, dan recycle bin di email Anda hingga menyisakan hanya yang penting-penting saja

  • Hapus tumpukan tumpukan email sepele yang tidak pernah Anda baca

  • Seleksi email apa saja yang masih perlu Anda subscribe, mana yang sebaiknya unsubscribe

  • Buat pengelompokan berdasarkan tema atau pengirim. Ini berguna untuk mengumpulkan email dengan tema yang sama dalam satu folder sekaligus memudahkan Anda untuk mencari email tertentu


Baca juga: Bekerja Tanpa Harus Selalu Hadir di Kantor

 

 

 

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu