Breaking

blog single post
Working

Bekerja Tanpa Harus Selalu Hadir Di Kantor

Bila Anda mengira membalas email pekerjaan melalui perangkat smartphone atau melakukan koordinasi melalui sambungan telepon merupakan definisi dari mobile working, itu baru sebagian saja. Mobile working lebih merupakan metode kerja yanag memaksimalkan penggunaan teknologi, dan lebih bebas karena tidak terikat dengan lokasi fisik sehingga memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.


Metode kerja seperti ini dipandang sesuai khususnya bagi orang-orang yang sering berada di lapangan seperti sales. Usai bertemu dengan klien, mereka bisa langsung mengupdate hasil meeting di perjalanan menuju kantor atau ketika menuju lokasi meeting lainnya. Atau jika suka bisa dikerjakan dari cafe ataupun coffee shop terdekat. Efisien, hemat ongkos, dan tentunya Anda juga lebih happy karena tidak stress kejar-kejaran dengan waktu bukan?


Baca juga: 7 Fakta Mengapa Remote Working Lebih Menyenangkan


Teknologi menjadi poin penting dalam mobile working

  • ketika Anda sudah tidak lagi perlu sampai di kantor untuk mengetik catatan hasil rapat, melainkan langsung memasukkan data ke dalam sistem yang sudah terintegrasi saat itu juga
  • penggunaan Google Drive adalah contoh paling mudah bila bicara mengenai penyimpanan dan sharing data. Anda dan tim tidak perlu saling berkirim file melalui email. Orang akan bisa melihat bahkan mengedit dan mengomentari isi data yang Anda bagikan. Masih ada Micorosoft OneDrive dan Dropbox yang kurang lebih setipe dengan Google Drive
  • variasi harga barang-barang elektronik memberi keleluasaan bagi setiap orang untuk membeli gadget sesuai kemampuan serta kebutuhan  

 

Micorosoft OneDrive

Layanan cloud storage yang relatif baru, terutama jika dibandingkan dengan Dropbox atau Google Drive. OneDrive menggunakan sarana website dan juga aplikasi untuk komputer serta smartphone. Secara fungsi, yang paling mencolok adalah integrasi OneDrive dengan ekosistem Microsoft. Microsoft OneDrive memiliki kuota gratis awal sebesar 5GB. Pengguna Microsoft Office 365 bahkan akan mendapatkan ruang OneDrive sebesar 1 TB.

 

Dropbox

Anda bisa melakukan sharing file melalui link atau email. Sama seperti Google Drive, Dropbox juga memiliki aplikasi smartphone yang dapat meng-upload foto-foto atau file lainnya ke dalam Dropbox secara otomatis. Namun kekurangan Dropbox dibandingkan Google Drive adalah storage-nya yang hanya 2 GB. Untuk mendapatkan kuota lebih, Anda harus membeli paket bulanan Dropbox. Walaupun begitu, Dropbox adalah layanan cloud storage yang sudah lama beroperasi dan pelayanannya sudah terjamin.



Namun tentunya, cara kerja berpindah-pindah seperti ini juga sangat mengandalkan koneksi internet bebas hambatan. Di negara seperti Indonesia yang pengguna internetnya cukup tinggi, masyarakat masih sering mengeluhkan koneksi yang buruk. Pengguna paket data di smartphone lebih sering merasakan ini walaupun wifi juga tidak menjadi jaminan. Karena itulah para pekerja mobile kerap mempersenjatai dirinya dengan modem atau bekerja dari coworking space atau cafe yang sambungan internetnya memadai.






 





Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu