Breaking

blog single post
Informasi

Berbagai Jenis Setting Ruang Meeting Sesuai Kebutuhan

Penyelenggaraan meeting, sama halnya seperti penyelenggaraan berbagai kegiatan lain, memerlukan persiapan yang cukup matang. Persiapan ini meliputi tempat hingga fasilitas, termasuk setting ruang meeting yang sesuai. Untuk masalah tempat, bila Anda tidak memiliki ruangan yang memadai di kantor, atau ruang meeting Anda memiliki jarak yang cukup jauh untuk dijangkau para peserta meeting tidak ada salahnya bila Anda mulai beralih untuk menggunakan jasa sewa ruang meeting yang banyak tersedia di daerah Anda. Selain lebih praktis, menyewa ruang meeting pada penyedia meeting room biasanya memberikan jaminan kenyamanan karena sudah profesional dalam mengatur setting ruang meeting yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Berikut ini beberapa jenis setting ruang meeting yang biasa digunakan untuk pertemuan, diantaranya :


U shape

Setting ruang meeting room dengan bentuk U shape merupakan desain meeting room yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pihak jasa sewa ruang meeting biasanya sudah terlatih untuk mendesain meeting room dengan bentuk U shape sesuai kapasitas atau banyaknya peserta rapat yang terlibat. Ruang meeting ditata dengan pola bangku dan kursi berbentuk huruf U. meeting room dengan setting U shape biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar, mencapai 20 orang. Dengan bentuk bangku yang disetting U shape, setiap peserta rapat dapat berinteraksi dengan mudah satu dengan yang lain, yang dapat meningkatkan partisipasi dan kontribusi selama rapat berlangsung.


Board room

Meeting room dengan setting board room menjadi pilihan selanjutnya. Board room menjadi salah satu setting ruang rapat yang paling banyak digunakan di Indonesia selain tipe U shape. Bila Anda memerlukan meeting room dengan perkiraan jumlah anggota yang sedikit sampai medium, biasanya setting board room menjadi pilihan pihak penyedia sewa ruang meeting. Setting ini melibatkan satu meja panjang, di mana peserta rapat duduk di sekelilingnya dan saling berhadapan. Konsep tempat duduk yang dibuat seperti ini memiliki keuntungan di mana setiap peserta dapat lebih konsentrasi dan komunikasi yang terjalin selama rapat dapat lebih maksimal karena seluruh peserta dapat memperhatikan pembicara dengan jelas. Akan tetapi setting ruang meeting board room tidak dapat memfasilitasi jumlah peserta yang terlalu banyak. Jadi, bila Anda akan menggelar meeting dengan peserta yang lebih banyak, dapat mempertimbangkan jenis setting ruang meeting yang lain.


Banquet

Setting meeting room selanjutnya adalah banquet. Biasanya ruang dengan setting banquet ini digunakan sebagai tempat meeting, sekaligus dengan acara lain seperti makan siang atau makan malam. Konsep banquet ini dengan menggunakan beberapa meja bulat di satu ruangan yang besar, di mana dalam satu meja bulat ini merupakan satu divisi, atau satu tim diskusi. Kapasitas per meja dengan model banquet ini umumnya sekitar 6 – 8 orang tergantung ukuran yang disediakan oleh tempat sewa ruang meeting yang Anda pilih. biasanya konsep meeting room dengan model banquet dipilih bila peserta rapat termasuk para petinggi / orang penting di perusahaan.


Theater

Konsep setting meeting room selanjutnya adalah model theater. Model ini dipilih bila meeting melibatkan peserta dengan jumlah besar. Kursi – kursi diatur berjajar di sisi kanan dan kiri, dan menyisakan jalan yang terbuka di bagian tengah. Untuk mewujudkan konsep teater sebagai ruang meeting, pihak penyedia jasa sewa ruang meeting perlu menyediakan ruangan yang luas, lengkap dengan sound system yang mendukung, pencahayaan yang baik dan tambahan layar bila dibutuhkan untuk menunjang kelancaran meeting. Meskipun dapat menampung peserta rapat dengan jumlah yang lebih besar, model theater ini membuat interaksi peserta terbatas, apalagi untuk peserta yang duduk di bangku belakang dan hanya terfokus pada pembicara saja.


Jadi, bila Anda ingin mendapatkan meeting room yang dapat disewa sesuai keinginan Anda, tidak ada salahnya bila Anda memperjelas setting ruangan meeting yang Anda inginkan, perkiraan jumlah peserta, serta fasilitas tambahan yang mungkin Anda perlukan kepada pihak jasa sewa ruang meeting untuk menghindari ketidaknyamanan dan salah pengertian di antara Anda dengan pihak penyedia jasa sewa ruangan meeting.



Baca Juga : Jenis Ruang Event Yang Umum Diterapkan

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu