Breaking

blog single post
Informasi

Buang Sifat Gak Enakan dengan Mulai Katakan Tidak!

Indonesia yang sering disebut sebagai salah satu negara di belahan timur bumi memang memiliki budaya sopan santun yang sangat mengakar. sama halnya seperti negara-negara timur lainnya, seperti Jepang dan Kore. Terlebih lagi kepada orang yang lebih tua atau senior dalam hal kedudukan. sedari kecil, anak-anak sudah ditanamkan budaya “manut”.

 

Sehingga saat anak-anak ini semakin tumbuh besar, saat orang ingin meminta bantuan atau melakukan sesuatu, rasanya tidak enak jika berkata “tidak”. Akibatnya, kita jadi sering mengiyakan hal-hal yang sebenarnya tak ingin kita lakukan. Padahal sikap ini tidak selalu berkonotasi positif lho. Terlalu banyak melayani orang lain akan lebih menyita waktumu sendiri. Gara-gara terlalu fokus mewujudkan mimpi orang lain, kamu pun bisa gagal mewujudkan tujuan pribadi.

 

Hal ini tentu bukannya saling menguntungkan, tapi malah terus merugikan dirimu. Memang terkadang, ada perasaan gak enakan, sehingga sulit mengatakan tidak. Kondisi tersebut kerap jadi perang batin dalam diri. Sebetulnya, kamu bisa mengatakan tidak dalam situasi tertentu. Sesekali hilangkan rasa gak enakan itu kalau mau hidupmu tenang.

 

Yuk berlatih dengan cara-cara ini

 

1. Menolak Permintaan Orang Lain Bukan Berarti Kamu Jahat

Kamu mungkin selalu menjawab iya karena merasa bersalah saat bilang tidak. Menurutmu, jahat sekali kalau kamu harus menolak permintaan tolong temanmu yang memang membutuhkan. Kalau kamu merasa seperti ini, coba deh kamu pikirkan perasaanmu ulang. Kamu menolak bukan karena kamu tidak mau, tapi karena memang keadaan tidak mengizinkan. Jadi coba yuk berani dengan menolak permintaan orang lain, sehingga kamu tidak diremehkan.

 

2. Berusaha untuk Tidak Mengatakan "Tidak" Secara Langsung

Ada cara-cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menangkis dorongan menjawab iya. Misalnya, dengan meminta waktu untuk berpikir terlebih dahulu. Kamu bisa mengatakan: “Kuberi tahu jawabannya besok pagi, ya.” Dengan begini, kamu bisa mempertimbangkan masak-masak apa kamu memang mampu menolong temanmu. Ketika memutuskan bahwa kamu harus menolak, kamu pun punya waktu menyusun kalimat yang sopan.

 

3. Lebih Percaya Diri

Kadang, alasan kita berusaha menyenangkan orang lain adalah karena kita merasa butuh penerimaan mereka. Kita merasa bahwa harga diri kita tergantung pada bagaimana mereka memandang kita. Akhirnya, kita pun akan mati-matian berusaha membuat mereka menyukai kita. Selain itu bisa jadi kita merasa diri sendiri tak berguna. Akhirnya, ketika orang lain butuh bantuan, kita berusaha memaksa diri menyanggupinya, demi membuktikan pada diri sendiri bahwa kita ada gunanya. Yuk coba lebih percaya diri dengan kemampuan diri kamu.

 

4. Jangan Lupa Menyenangkan Hati Kamu Juga

Yang paling penting, kamu harus ingat, suasana hati setiap orang adalah tanggung jawab mereka sendiri. Bukan tugasmu untuk membuat orang lain senang. Tugas mereka sendirilah untuk mengontrol apa yang mereka rasakan. Jadi, jangan pernah terpaksa bilang “iya” dan harus berani katakan “tidak”.

 

4. Memperhatikan Kemampuan Sendiri

Jika kamu dimintai bantuan oleh orang lain atau teman, langkah awal yang harus dipikirkan adalah sesuai dengan kemampuan dirimu. Jangan sekali-kali memaksakan diri membantu orang lain dengan melebihi kapasitas kemampuanmu. Jika dipaksakan, justru akan berdampak buruk padamu, maupun bantuan tersebut. Jadi, kalau kamu sudah tidak mampu lagi, karena melampaui kapasitasmu, lebih baik katakan tidak.

 

Nah, setelah sudah tau cara untuk berani katakan “tidak”, coba kamu terapkan perlahan-lahan di lingkungan sekitar kamu. Memang awalnya tidak mudah, tapi jika kamu terlatih lama-lama dapat terbiasa. Seperti mengakatakan tidak ke teman atau bahkan bos kamu juga sangat penting, mungkin dalam melakukan aktivitas seperti melakukan pekerjaan yang bukan pekerjaanmu atau booking ruang event yang tidak relevan dengan pekerjaanmu.

 

Sering booking event ruang event atau sewa ruang meeting untuk keperluan kantor? Jika Kamu mengalami kesulitan mencari tempat dengan kapasitas yang sesuai budgetmu, pesan saja di SpotQoe.com. SpotQoe merupakan lini bisnis dari AXI yang menyediakan penyewaan ruang kantor, ruang meeting, co-working space dan ruang event melalui genggaman tangan kamu lewat sebuah aplikasi. Sekarang booking ruang event dapat mudah dan cepat dengan adanya SpotQoe.com
 

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu