Breaking

blog single post
Edukasi

Bukan Cuma Harga dan Lokasi, Keamanan Gedung Wajib diperhatikan Sebelum Sewa Gedung Perkantoran

Saat mendengar seseorang akan menyewa gedung perkantoran, apa yang terpikir dibenakmu untuk menjadi kriterianya? Harga, sudah pasti menjadi pertimbangan utama. Lokasi yang strategis, juga sangat penting untuk mendukung kemudahan mobilisasi pekerja dan mendukung kemudahan berbisnis serta membangun network. Atau justru masalah fasilitas ruang kantor dan gedung yang paling Kamu utamakan saat akan menyewa kantor gedung?

 

Ketiganya tentu harus diperhatikan ketika akan memilih ruang kantor gedung apa yang akan disewa. Akan tetapi, jangan lupakan bahwa setiap orang dan setiap bisnis mebutuhkan rasa aman. Baik di sekolah, di jalan, bahkan di tempat kerja seklaipun. Kemananan gedung perkantoran harus menjadi perhatian utama supaya pebisnis mendapatkan ketenangan saat bekerja. Saat Kamu mencari sewa gedung kantor, komponen utama keamanan ini wajib Kamu perhatikan, antara lain:

 

8 Aspek Kemanan Gedung Kantor Yang Harus Dipastikan Sebelum Menyewa

 

1.    Keamanan 24 Jam

Semua orang pasti akan merasa aman apabila mendapatan penjagaan 24 jam. Untuk bisnis, meskipun ruang kantor hanya digunaan selama 8 – 0 jam, tapi tentu para pemili bisnis memiliki banyak asset berharga di dalamnya. Apalagi untuk ukuran gedung perkantoran, di dlaamnaya banyak sekali kantor berbagai usaha di dalamnya.

 

Baca Juga: 8 Perusahaan Investor Ternama yang Memberikan Pendanaan Start Up di Indonesia

 

Hal pertama yang harus dilakukan, pastikan terdapat petugas kemanan yang berjaga dengan system shift. Selama 24 jam penuh, dengan penjagaan di luar dan di dalam gedung. Kamu wajib mencermati hal-hal demikian sebelum memutuskan sewa kantor gedung. Secanggih apapun teknologi yang digunakan gedung modern saat ini, pengamanan tenaga manusia tetap menjadi komponen penting bagi keseriusan pengelola gedung.

 

2.    CCTV

CCTV dewasa ini memang barang yang cukup lazim ditemukan. Jangankan gedung perkantoran besar, rumah warga sekalipun sudah menggunakan sistem bantuan teknologi ini. Karena banyaknya penjualan CCTV dengan berbagai kualitas, Kamu harus pastikan bahwa CCTV yang digunakan si calon gedung perkantoran yang akan disewa menggunakan kualitas CCTV yang bagus. Kamu bisa menanyakan dan memastikan sendiri kemudian mencocokan spesifikasinya.

 

Pastikan juga di dalam ruangan calon kantormu terdapat kamera pengawas juga. Karena kebanyakan kamera pengawas atau CCTV ini hanya ditempatkan di bagian terbuka saja. Seperti lobi, lorong, dan kantin.

 

3.    Alarm Kebakaran

Untuk sebuah gedung perkantoran, ketersediaan tombol alarm dan fire detector sangatlah fatal.  Kamu perlu memastikan bahwa setiap petugas keamanan atau karyawan pengelola gedung telah mendapat pelatihan dasar bagaimana cara untuk menggunakannya.

 

Tanyakan juga kapan saja jangka waktu yang ditentukan pengelola gedung untuk melakukan pengecekan serta inpeksi kemanan. Tidak hanya mengecek alarm kebakaran, tapi juga hal lainnya seperti lift, dan lain-lain. Biasanya setiap gedung memiliki SOP-nya sendiri untuk menjaga gedungnya. Jika tidak, tentu keamanan gedung patut dipertanyakan.

 

4.    Komponen yang diperlukan saat Emergency

Berbicara kondisi emergency, tentu mencakup banyak sekali aspek. Tidak hanya alat pemadam kebakaran saja, tetapi juga harus memerlukan generator untuk antisipasi mati listrik saat bencana alam. Peralatan P3K, telepon selular saat lampu mati, dan alat pengeras suara. Semua hal tersebut akan sangat berguna ketika kondisi mendesak. Pengelola juga harus memastikan aka nada karyawan yang bisa mengoperasikan semua perangkat tersebut ketika dibutuhkan.

 

5.    Pemeriksaan Sebelum Masuk Gedung

Poin kelima ini cukup mudah diamati. Sebelum kamu menghubungi bagian marketing, coba saja dulu mengunjungi gedung sebagai pengunjung biasa. Prosedural pemeriksaan apa yang mereka lakukan sebelum memasuki gedung bagi pengunjung.

 

Baca Juga: Sicks Building Syndrom yang Kerap Menyerang Pelerja Kantoran

 

Meskipun gedung seperti ini sering dianggap menyebalkan, terutama bagi karyawan atau tamu yang terburu-buru, namun hal ini kembali lagi kepada kebutuhan kemanan kantor gedung yang dimiliki. Pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk kendaraan, barang bawaan, hingga kartu identitas.

 

6.    Akses Lantai Gedung Perkantoran

Gedung perkantoran biasanya menggunakan lift. Terutama bagi gedung-gedung yang berada di pusat distrik bisnis. Biasanyalift tersebut hanya bisa diakses oleh para karyawan yang memiliki kartu khusus. Tidak hanya itu, kartu itu pun ada yang dikhususkan untuk lantai-lantai tertentu saja.

 

7.    Sistem Pintu di Ruang Kantor Gedung

Saat akan memasuki ruangan, Kmau pasti masuk melalui pintu bukan? Nah, kemanan system pintu khusus ruang kantormu pun perlu diperhatikan. Bagi pemilik bisnis yang memilik asset yang besar atau habbit karyawan yang sering meninggalkan tanpa meutup pintu dengan tidak sempurna. Lebih baik memilih system pintu yang bisa menutup otomatis. Misalnya dengan akses kartu, atau finger print.

 

8.    Lahan Parkir

Yang dimaksud dalam hal ini bukan ketersediaan parkir. Tetapi,  lebih kepada system pendataan kendaraan tidak tidak hanya untuk pegawai tetapi juga pengunjung. Sebagai penyewa kantor gedung, coba perhatikan berapa kapasitas kendaraan yang diatur oleh pihak gedung. Setidaknya Kamu bisa memikirkan kemungkinan penuh bagaimanan solusi yang diterapkan pengelola bila parker penuh.

 

Jika gedung kantor yang akan Kamu sewa menerapkan hal-hal di atas, bisa dipastikan keamanan gedung kantor tersebut telah terjamin. Jadi, Kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk menyewanya selain aspek harga, lokasi , dan fasilitas.

 

Baca Juga: Menilik Gaya Berpakaian di Kantor Ala Milenial

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu