Breaking

blog single post
Informasi

Cara Cegah Berat Badan Naik Saat Liburan

Saat memutuskan liburan di akhir tahun, tentu Anda sudah menentukan ke mana saja Anda akan mengunjungi tempat wisata. Entah mengunjungi lokasi wisata sejarah, wisata kuliner atau hanya berdiam diri di dalam hotel saja. Agar tubuh tak mengalami kenaikan berat badan, Anda harus bisa menjaga dan melakukan pencegahan, diantaranya:

Tidak mudah lapar mata

Untuk Anda para wanita, rasa lapar terbagi menjadi dua yaitu lapar secara fisik karena tidak atau belum makan seharian yang bisa menyebabkan sakit maag, serta lapar emosi atau biasa disebut lapar mata. Lapar mata terjadi karena Anda tidak tahan terhadap godaan dari aroma maupun wujud makanan. Anda harus bisa mengendalikan lapar mata yang terjadi agar tidak mengalami kenaikan berat badan akibat makan berlebihan.

Hindari makanan yang manis-manis

Terutama di lokasi wisata, makanan manis biasanya tersebar tanpa pandang bulu. Biasanya makanan manis ini hadir dalam bentuk camilan yang banyak mengandung kalori, minuman manis dengan warna-warna menggoda.

Hindari makan terlalu malam

Anda jangan makan terlalu malam. Makanlah di waktu siang hari hingga sore. Saat dua jam sebelum tidur, jangan pernah Anda makan malam karena akan mengalami susah tidur dan metabolism menjadi rendah.

Mencatat kalori yang masuk

Tips selanjutnya adalah mengenal jenis makanan dan Anda mencatat setiap kalori yang masuk ke tubuh. Hal ini sangat membantu terjadi surplus kalori yang rendah sehingga Anda juga tetap bisa diet meski saat liburan.

Melakukan pengukuran berat badan secara rutin

Pengukuran berat badan secara rutin juga dapat membantu Anda mencegah kenaikan berat badan. Hal ini membantu Anda berjaga-jaga seandainya terjadi kenaikan berat badan yang drastic. Untuk itu, Anda dapat menyiapkan timbangan digital maupun meteran baju untuk menjadi alat ukur.

Tetap melakukan olahraga

Meski sedang berlibur Anda tetap harus berolahraga. Dengan berolahraga, Anda dapat mengatasi makan yang berlebihan karena kalori berlebih yang masuk ke tubuh bisa dibakar hingga tak bersisa. Untuk itu, Anda dapat melakukan olahraga minimal sehari sekali dengan durasi 15 menit. Apabila hotel tempat menginap memiliki tempat fitness, Anda dapat menggunakannya. Anda juga tetap berolahraga saat liburan akhir tahun dengan cara berikut ini:

  1. Bangunlah lebih awal. Kalau Anda jalan-jalan saat pagi pukul 07.00, maka sebelumnya ada baiknya Anda bangun dan berolahraga.
  2. Apabila pagi hari Anda tidak sempat berolahraga, Anda bisa melakukannya di sore hari atau sebelum tidur. Gunakan waktu sebanyak 15 menit untuk berolahraga dengan baik.
  3. Tidak banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan saat liburan, Anda dapat berjalan kaki atau jogging agar tubuh mudah berkeringat dan kalori bisa terbakar habis.
  4. Apabila lokasi beberapa tempat wisata berdekatan, sebaiknya Anda jalan kaki santai.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar berat badan tetap terkontrol di saat liburan. Selamat liburan dan jaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan bugar tanpa harus panik berat badan bertambah.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu