Breaking

blog single post
Working

Cara Memilih Coworking Space yang Tepat

Beberapa tahun yang lalu, kebanyakan orang langsung berhenti mencari cara untuk mengembangkan bisnis mereka begitu sudah memiliki sebuah bangunan kantor. Hal yang sama pun sering dirasakan oleh para pemilik usaha kecil maupun menengah, yang berpikir bahwa mereka perlu berinvestasi dalam jumlah besar untuk memiliki kantor sendiri. Karena itulah ada yang mencari solusi dengan cara membangun kantor di rumah, yang ternyata bukanlah cara terbaik untuk mendorong para karyawan mengeluarkan kemampuan terbaik milik mereka.


Dengan kepopuleran coworking space, banyak para wirausahawan dan pemilik bisnis startup yang merubah pikirannya. Apalagi melihat berbagai perusaaan besar nan sukses juga menerapkan konsep ini, sepertinya Anda harus mulai mempertimbangkan penggunaan coworking space untuk bisnis. Jika memang demikian, maka pertimbangkanlah hal-hal berikut saat membuat keputusan soal pemilihan coworking space nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat!


Efektivitas Biaya

Biaya adalah salah satu faktor utama mengapa banyak bisnis yang mengadopsi desain kerja coworking space. Sementara itu, bagi mereka yang memilih untuk menggunakan coworking space dan bukannya mengeluarkan investasi besar untuk membeli kantor, solusi ini menawarkan efektivitas dari segi biaya juga. Bahkan menyewa coworking space bisa mengurangi biaya nyaris setengah dari penggunaan bangunan kantor pada umumnya. Apalagi, sekarang semakin banyak pilihan coworking space dengan harga yang variatif, sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran Anda. Untuk mempermudah pencarian coworking space yang tepat, gunakan aplikasi SpotQoe sekarang juga.


Cek Lokasi dan Cermati Fasilitas yang Tersedia

Menemukan lokasi saja tak cukup, terutama jika Anda ingin menggunakan coworking space tersebut sehari-hari dalam jangka panjang. Jadi, luangkan waktu Anda untuk mengecek lokasi tersebut agar Anda bisa merasakan sendiri suasananya seperti apa. Selain itu, Anda juga harus mengamati coworking space tersebut layak atau tidak jika klien datang untuk menemui Anda. Jangan lupa periksa dan cermati fasilitas yang ada, termasuk meja dan kursi, ketersediaan kamar mandi atau bahkan dapur, hingga fasilitas meeting space. Memang kesan pertama sangatlah penting. Jika Anda mendapatkan kesan baik begitu menginjakkan kaki di lokasi, bisa jadi hal tersebut adalah pertanda baik. Tapi, jika kesan yang Anda peroleh justru sebaliknya, maka Anda barangkali perlu berpikir dua kali. Apalagi urusan kesan pertama ini juga perlu Anda pertimbangkan dari kacamata klien jika dirinya akan menemui Anda di coworking space tersebut.


Sambungan Internet Pun Perlu Dipastikan

Tidak perlu dipertanyakan lagi, internet sudah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Terlebih dalam dunia bisnis saat ini yang komunikasi antara karyawan dengan karyawan maupun dengan klien sudah dilakukan sepenuhnya secara virtual. Jadi, coworking space yang tepat tentunya adalah coworking space yang menyediakan koneksi internet yang bukan hanya cepat, tapi juga stabil dan tanpa gangguan.


Cermati Kontrak Sewa dengan Jeli

Begitu Anda memutuskan jadi wirausahawan, Anda barangkali sudah menyadari pentingnya membaca dengan cermat sebelum menandatangani apapun, dan kontrak sewa coworking space bukanlah pengecualian. Baca setiap poin dengan teliti agar tidak ada kesalahpahaman di masa depan. Jika Anda mendapatkan tawaran periode uji coba, jangan Anda lewatkan karena pada periode tersebut visa bisa digunakan untuk mendapatkan pengalaman langsung seperti apa rasanya bekerja di sana.


Keterjangkauan dan Ketersediaan Lokasi

Memikirkan dari sudut pandang karyawan yang merupakan aset, Anda tentu menginginkan lokasi coworking space yang mudah dijangkau, seperti di tengah kota, bisa mengakses area kerja bahkan di hari libur atau di malam hari sekalipun. Hal ini terutama penting jika bisnis Anda perlu beroperasi selama 24 jam penuh, 7 hari seminggu, atau jika klien Anda banyak yang berasal dari belahan dunia lain.


Sistem Keamanan

Tentunya Anda menginginkan lingkungan kerja yang nyaman untuk Anda dan karyawan, bukan? Jadi jangan lupa untuk cari informasi dan periksa seperti apa sistem keamanan yang dijalankan di coworking space pilihan Anda. Atau, cermati di dalam kontrak soal garansi atas kerusakan atau kehilangan yang dapat merugikan bisnis Anda.



Baca Juga : 4 Keuntungan Bekerja di CoWorking Space

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu