Breaking

blog single post
Inspirasi

Cara Menciptakan Ruang Konferensi yang Ideal

Salah satu jenis ruang meeting yang paling populer adalah ruang konferensi. Di sini, inovasi bisnis dikembangkan, ide-ide segar dibagikan, dan kontrak dengan para klien disetujui. Dan dengan desain ruangan yang baik, tempat ini pun mampu mengoptimalkan proses pembelajaran di antara para partisipan, sehingga mendorong mereka untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan satu dan lain. Lantas, seperti apa desain ruang konferensi yang nyaman dan tepat? Hal ini dilandasi oleh beberapa faktor, dan salah satu faktor utamanya adalah tujuan rapat atau pertemuan tersebut. Misalnya, apakah pertemuan tersebut untuk presentasi atau untuk brainstorming? Nah, dari situ Anda kemudian bisa mempertimbangkan elemen-elemen lain untuk desain ruang meeting yang ideal dan sesuai kebutuhan.


Pengaturan Tempat Duduk

Faktor ini sangat penting dalam membantu mengarahkan perhatian para audiens pada poin-poin tertentu, serta mendorong interaksi di antara mereka. Beberapa jenis pengaturan tempat duduk yang populer adalah sebagai berikut:

·   Boardroom style, di mana ada meja panjang di dalam ruangan dan audiens duduk di sisi-sisi meja tersebut. Ideal untuk sesi interaktif dengan workspace bagi partisipan dan biasa digunakan sebagai layut ruangan konferensi video.

·   Bentuk U, di mana meja diatur berbentuk U dan audiens duduk di sisi luar meja. Ideal untuk rapat kecil, misalnya dengan audiens kurang dari 25 orang, dan untuk grup diskusi yang melibatkan presenter dan presentasi video.

·  Ruang kelas, di mana audiens akan menggunakan laptop atau buku catatan dengan baris-baris meja dan kursi diatur menghadap bagian depan kelas. Pengaturan tempat duduk yang satu ini cocok untuk mendorong adanya dialog antara audiens dengan pengisi materi atau presenter.

·  Gaya teater, di mana sekelompok audiens dalam jumlah besar didorong agar fokus mendengarkan seorang presenter atau pengisi materi. Untuk pengaturan tempat duduk yang satu ini, hanya ada kursi yang diatur berbaris di dalam ruangan karena biasanya desain ini digunakan untuk acara di mana audiens tidak perlu membuat catatan atau berinteraksi.

·  Gaya banquet, di mana pengaturan tempat duduk membuat audiens dapat membagi fokus antara presentasi maupun dengan sesama audiens. Pengaturan yang satu ini biasanya digunakan untuk acara tertentu agar audiens yang hadir dapat menikmati makan siang atau malam dengan duduk. Dan desain pengaturan tempat duduk gaya banquet mempermudah audiens dalam berinteraksi antara satu sama lain, sambil tetap bisa melihat dan mendengar informasi yang sedang dipresentasikan di depan dengan sama mudahnya.


Tampilan Video

Untuk kebutuhan berbagi informasi, kolaborasi, maupun integrasi dengan sistem telekonferensi, tampilan video menjadi kebutuhan penting untuk berbagai ruang meeting. Ukuran layar yang digunakan idealnya disesuaikan dengan ukuran ruangan. Misalnya layar LCD dapat digunakan di ruangan yang relatif kecil, sementara dinding video LED atau LCD ideal untuk ruang konferensi yang besar agar audiens dapat menyimak informasi yang ditampilkan terlepas dari posisi tempat duduk mereka.


Pasokan Listrik

Aspek yang satu ini sangat penting, mengingat penggunaan perlengkapan elektronik modern yang banyak dimanfaatkan di berbagai ruang meeting. Akan tetapi, sayangnya elemen ini sering disepelekan, sehingga menyebabkan gangguan saat pertemuan tengah berlangsung. Selain pasokan listrik untuk video, pastikan juga ada banyak steker di dalam ruangan agar para audiens dapat menggunakan perangkat elektronik mereka dengan mudah tanpa masalah. Jika Anda khawatir kalau kabel-kabel dari berbagai perangkat yang digunakan akan mengganggu ruang gerak, Anda bisa memanfaatkan berbagai pelindung kabel agar tidak mengganggu partisipan dan Anda pun bisa menciptakan ruang yang nyaman dan rapi bagi mereka.


Faktor-Faktor Penting Lainnya

Selain ketiga hal yang disebutkan di atas, hal-hal lain berkaitan dengan desain ruang meeting yang ideal juga meliputi:

·         Pencahayaan.

·         Akustik.

·         Furnitur di dalam ruangan.

·         Dekorasi.


Temukan Ruang Meeting yang Ideal Sekarang Juga!

Anda sudah tidak perlu lagi buang ekstra waktu dan tenaga untuk menemukan pilihan ruang pertemuan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Gunakan SpotQoe, aplikasi pemesanan event, meeting, dan co-working space yang mudah, cepat, dan praktis. Unduh SpotQoe sekarang juga dan temukan ruang meeting ideal untuk kebutuhan bisnis Anda!

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu