Breaking

blog single post
Working

Cara Mengatasi Pekerjaan Mendadak saat Cuti

Anda tentu sang ketika bisa cuti dari pekerjaan dan menikmatinya tanpa gangguan kerja. Namun terkadang urusan pekerjaan masih terus menghantui. Di saat cuti, ada saja pekerjaan mendadak yang wajib Anda kerjakan. Tenang dan jangan marah-marah. Sebaiknya Anda lakukan beberapa hal ini untuk mengatasi pekerjaan di waktu cuti Anda.

Menyelesaikan Semua Pekerjaan Sebelum Cuti

Penting untuk Anda lakukan sebelum cuti adalah menyelesaikan semua pekerjaan. Sehingga pekerjaan selama masa cuti bukanlah tanggung jawab utama karena Anda telah  menyelesaikan pekerjaan lainnya demi kelancaran cuti. Apabila terdapat pekerjaan mendadak, bisa dialihkan ke rekan kerja Anda yang lain.

Koordinasi dengan Rekan Kerja yang Lain

Sebelum cuti, lakukan koodinasi pekerjaan dengan rekan kerja lainnya agar rekan kerja Anda dapat membantu menyelesaikan pekerjaan mendadak. Atur pekerjaan jauh-jauh hari sehingga Anda tidak panik  pun tak perlu panik apabila ada pekerjaan mendadak saat  sedang cuti.

Jangan Ragu Menolak

Bukanlah suatu kesalahan apabila Anda menolak pekerjaan saat sedang cuti. Cuti adalah hak bagi semua karyawan. Anda memiliki hak untuk menggunakan masa cuti dengan leluasa tanpa gangguan pekerjaan. Atasan Anda pun sepatutnya memaklumi waktu privasi Anda selama masa cuti berlangsung.

Manfaatkan Teknologi untuk Balasan Otomatis

Di era teknologi yang canggih, Anda dapat memanfaatkan fitur email untuk mengirimkan balasan otomatis. Saat cuti, Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut pada email perusahaan Anda. Dengan ini, email Anda akan mengirimkan balasan otomatis jika terdapat email masuk. Apabila berhubungan dengan klien, maka klien yang mengirimkan email akan mengetahui bahwa Anda sedang dalam masa cuti.

Mengajak Tim Kerja untuk Menyelesaikannya

Jika Anda seorang atasan, Anda bisa menyikapi pekerjaan mendadak dyang datang saat cuti dengan melibatkan tim kerja. Anda bisa mengajak tim kerja untuk menuntaskan pekerjaan bersama-sama. Hal ini juga  membuat semua bawahan Anda memahami alur pekerjaan secara akurat. Dengan ini kemampuan bawahan Anda untuk menyelesaikan masalah pekerjaan akan meningkat bila Anda memberikan kesempatan di waktu yang tepat.

 

Nah, kalau Anda sudah melakukan beberapa hal ini, niscaya masa cuti dapat Anda nikamti dengan tenang. Anda juga bisa memanfaatkan masa cuti dengan baik supaya saat kembali dari liburan, Anda lebih bersemangat lagi dalam menjalankan pekerjaan.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu