Breaking

blog single post
People

Cara Menulis Skill di CV Supaya Menghasilkan Panggilan Wawancara Kerja

Panggilan wawancara kerja yang Anda nantikan belum juga datang? Mungkin itu dikarenakan penyusunan CV atau resume yang kurang ok. Selain tampilan yang menarik, informasi mengenai skill atau keahlian yang Anda kuasai juga menjadi daya tarik bagi HR untuk membuat janji temu. Kemampuan apa saja yang bisa Anda cantumkan, dan bagaimana cara menjelaskanya? Simak penjelasan selengkapnya.   


Daftar keahlian yang perlu ditulis di CV


Pertama-tama Anda harus memahami dulu perbedaan antara hard dengan soft skill, baru kemudian kelompokkan keduanya dalam susunan yang enak dibaca. Hard skill atau juga dikenal dengan technical skill adalah kemampuan yang Anda pelajari secara akademik untuk mengerjakan pekerjaan yang Anda diincar, seperti:

  • Pengetahuan mekanik untuk montir mobil

  • Kemampuan berbahasa asing untuk dosen bahasa

  • Kemampuan akunting untuk pegawai keuangan

Sementara soft skill merupakan kemampuan yang biasanya Anda kembangkan dari pengalaman dan banyak berinteraksi dengan orang lain, seperti:

  • Kepemimpinan

  • Bisa membuat keputusan

  • Pendengar yang baik

 

Perlu Anda ketahui bahwa ketika seorang HR mencari kandidat karyawan, mereka cenderung melihat isi dari kolom soft skill ketimbang kemampuan teknis.  

  • Sebanyak 67,3% perekrut dari semua industri mengatakan bahwa komunikasi adalah skill yang penting

  • 77,85 pemberi kerja menginginkan seseorang dengan kemampuan memimpin serta kerja tim

  • Sementara sebanyak 67,5% mementingkan kemampuan teknis

Gambar: uptowork.com

 

Tidak perlu Berlebihan

Menuliskan kemampuan apa saja yang Anda kuasai di dalam resume memang perlu, namun tidak perlu berlebihan hingga menyatakan diri ada di level tertinggi dari range antara 1 - 5.  Karena ditakutkan itu justru akan menjadi bumerang bagi Anda. Bila ingin memberi semacam pengukuran akan lebih baik bila Anda menuliskan pilihannya dengan kata-kata seperti dasar, menengah, dan mahir.

 

Keunikan menjadi poin plus  

Banyak orang memiliki keunikan yang bisa menjadi poin tambahan dalam proses mencari pekerjaan. Meskipun tidak ada hubungannya secara langsung tapi kemampuan seperti bisa berbahasa isyarat, atau bisa menggambar ilustrasi menunjukkan bahwa anda suka belajar hal baru dan itu baik dimata petugas rekrutmen.  


 

Baca juga: Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2030

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : monster.com; uptowork.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu