Breaking

blog single post
People

Cara Menyembuhkan Komputer yang Lemot

Sudah beberapa minggu ini komputer Anda lemot? Eits, jangan terburu-buru dibawa ke jasa reparasi. Anda bisa kok menyembuhkannya sendiri. Simak langkah- langkah berikut.


1. Cek kapasitas hard disk

Peraturan tidak tertulis dalam penggunaan komputer adalah dengan mengosongkan paling tidak 15% dari total kapasitas penyimpanan. Bila setelah Anda lihat ternyata penyimpanan sudah mendekati maksimal berarti saatnya melakukan seleksi untuk memindahkan data-data lama ke dalam eksternal hard drive misalnya.


2. Organisir icon di desktop ke dalam folder

Bila masing-masing icon Anda munculkan di desktop, itu akan memakan banyak RAM. Sementara bila Anda mengelompokkannya ke dalam folder maka komputer hanya tinggal me-load foldernya saja.


3. Pindahkan foto-foto lama ke cloud atau hard drive eksternal

Foto biasanya memiliki ukuran yang besar sehingga boros kuota. Pemindahan foto-foto lama ini akan meringankan kerja komputer Anda.


4. Tutup tab yang tidak digunakan

Ketika bekerja Anda tentu membuka banyak window/ tab sekaligus bukan. Nah itu juga mempengaruhi performa komputer lho. Bukalah window yang memang aktif Anda gunakan dan tutup yang sifatnya hanya sesekali ditengok seperti halaman online shopping mungkin?


5. Hapus program bawaan yang tidak pernah dipakai

Setiap kali Anda meberli komputer baru maka sudah pasti ada program bawaan yang sudah otomatis terinstal di dalamnya. Meski tidak pernah Anda gunakan sama sekali, namun program-program pasif ini juga memakan memori jadi buang saja dari pada hanya memberatkan komputer Anda


BACA JUGA: Cara Menulis Skill di CV Supaya Menghasilkan Panggilan Wawancara Kerja


6. Hapus history, cookies, cache

Data-data yang sifatnya sementara ini hanya akan menumpuk saha di dalam hard disk. Akan akan mendapat ruang kosong tambahan setelah menghapus data-data tersebut


7. Atur agar tidak ada program yang otomatis me-load setiap kali komputer baru dinyalakan

Anda meng-install WhatsApp, LINE, dan Spotify di komputer? Nah lebih baik atur koneksinya menjadi manual saja agar tidak secara otomatis langsung 'on' setiap kali komputer menyala


8. Update software secara berkala

Ini bisa diotomatisasi dengan mengaturnya ke mode update setiap kalo ada pembaruan software. Software baru dapat memperbaiki kekurangan pada sistem lama yang berpotensi membuat performa komputer Anda melamban


9. Istirahatkan komputer bila sudah terasa panas

Suhu yang panas pada komputer menandakan bahwa kerjanya terlaluberat dan ia butuh waktu untuk mendinginkan dirinya. Bila ini yang terjadi, pasang kipas portable pada bagian bawah laptop, atau arahkan kipas pada PC Anda. Lalu tutup semua window yang sedang Anda buka biarkan selama kurang lebih 15 menit.


10. Selalu matikan komputer bila tidak digunakan

Pilih mode matikan alias 'shut down' agar komputer Anda mati total dan mesinnya berhenti bekerja sama sekali. Berbeda dengan mode hibernate atau sleep yang hanya sementara mengistirahatkan komputer.   


 

 






 

Sumber : hubspot.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu