Breaking

blog single post
Informasi

Cara Pertolongan Pertama Saat Gempa Bumi

Indonesia rentan mengalami bencana alam gempa bumi karena terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik. Hingga saat ini tak mudah mendeteksi tanda-tanda akan terjadinya gempa. Untuk itu, bila sewaktu-waktu Anda mengalami musibah gempa, Anda sudah membekali diri dengan pengetahuan mengenai pertolongan pertama saat mengalami gempa bumi. Namun, kali ini kembali SpotQoe memberikan informasi bagi Anda sekalian mengenai langkah pertolongan pertama saat terjadi gempa bumi. Apa saja yang dapat Anda lakukan? Ikuti instruksi di bawah ini:

Tetap tenang. 

Memang tak mudah bersikap tenang bila Anda berada di kondisi terjadinya bencana alam seperti gempa bumi. Namun, sikap tenang dapat membantu menyelamatkan diri dan keluarga Anda.

Kenali lokasi Anda. 

Langkah pertama yang dilakukan saat gempa bergantung pada lokasi Anda.

  • Jika Anda berada di dalam ruangan, berlindunglah di bawah meja atau lindungi kepala dengan bantal maupun papan agar tidak terkena benda yang berjatuhan.
  • Bila Anda sedang berada di pusat perbelanjaan atau perkantoran, bergeraklah menuju jalur evakuasi dan titik kumpul saat terjadi bencana.
  • Jika Anda berada di luar rumah, merunduklah dan lindungi kepala Anda dengan penutup. Menjauhlah dari gedung atau tiang. Anda harus berjalan menuju daerah terbuka. Bergerak dengan cara merangkak atau merunduk serta lindungi kepala dan leher. Posisi tersebut akan mengurangi risiko Anda terjatuh ataupun terkena benda-benda yang membahayakan.

Hindari area yang tidak stabil. 

Anda harus menghindari jendela dan pintu yang terbuat dari kaca. Gempa bumi bisa menyebabkan kaca-kaca pecah, dan Anda berisiko terkena pecahan kaca.

Segera lakukan pertolongan pada luka. 

Setelah gempa terjadi, Anda mungkin akan mengalami luka-luka. Dan berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan bila mengalami luka:

Luka terbuka.

Bila Anda mengalami luka terbuka dan berdarah, tutuplah luka dengan kain sambil menekannya sedikit agar aliran darah melambat dan kemudian berhenti.

Patah tulang.

Bila Anda merasa sulit menggerakkan salah satu anggota tubuh karena terasa sangat nyeri, ada kemungkinan Anda mengalami patah tulang. Mintalah bantuan orang lain untuk mempertahankan posisi badan Anda. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak bergerak untuk menghindari cedera lebih lanjut.

Luka karena benda asing.

  • Bila terdapat benda asing yang tertancap pada tubuh, seperti batu, besi, logam, kaca, dan sebagainya, janganlah mencabut benda tersebut. Minta bantuan orang lain untuk memindahkan Anda ke tempat yang aman hingga petugas datang dan menangani luka Anda.
  • Bila Anda sulit bergerak atau terhimpit puing bangunan, gunakan benda terdekat yang dapat menimbulkan bunyi, cahaya untuk memanggil petugas penyelamat atau orang di sekitar lokasi Anda.

Hubungi nomor penting. 

Anda perlu menyimpan atau mengingat nomor-nomor penting seperti kantor polisi, rumah sakit, dan ambulans. Hubungi nomor-nomor tersebut serta jelaskan dengan tenang kondisi yang terjadi di lokasi terjadinya bencana gempa bumi.


Saat gempa bumi terjadi, sangat wajar bila Anda merasa panik. Hal ini pasti juga dialami oleh masyarakat yang mengalami gempa bumi di Palu, Donggala, Sigi serta wilayah sekitar Sulawesi Tengah. Namun usahakanlah untuk tetap tenang dan lakukan langkah-langkah pertolongan pertama yang telah dijabarkan diatas, agar Anda dapat bertahan dari terjangan gempa.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu