Breaking

blog single post
Working

Cara Sehat Pekerja Kantoran, Bisa Dilakukan Juga di Co-Working Space!

SPOTQOE.COM - Mendengar kata ‘pekerja kantoran’, rutinitas apa yang terlintas di benakmu? Bekerja di kantor dalam waktu yang lama, berangkat pagi hari dan pulang di saat hari mulai gelap, atau meeting dan sewa ruang di Co-Working Space?

Ya, dengan rutinitas yang demikian khususnya perihal jam kerja yang cukup panjang ditambah waktu perjalanan, sangat sulit bagi pekerja kantoran membagi waktu untuk berkegiatan lain di hari kerja.Oleh karena itu, pekerja kantoran menjadi kdengan orang yang kurang gerak aliasminim olahraga. Hampir delapan hingga sepuluh jam tiap hari dihabiskan untuk duduk di depan computer. Itu masih ditambah dengan perjalanan kerja dari dan menuju kantor serta bersantai di rumah.

Kebiasaan seperti ini tidak baik jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Karena kebanyakan duduk juga nyatanya berpotensi mengganggu kesehatan. Terlebih jika tidak diimbangi dengan olahraga. Untuk mengatasinya, Kmau bisa membiasakan diri berolahraga di kantor. Tidak perlu lama, cukup luangkan waktu lima menit untuk melakukan cara sehat pekerja kantoran ini.

 

Baca Juga: Apakah Gedung Kantor dan Co-Working Space Jakarta Tahan Gempa?  

 

Yoga di Kantor atau Co-Working Space

Olahraga tidak harus berarti melakukan kegiatan fisik yang berat dan menuntutmu harus berkeringat banyak. Olahraga juga bisa dilakukan dalam waktu lima menit dimanapun Kamu bekerja. Salah satunya adalah yoga, yang mana gerakanannya bisa dilakukan di atas kursi dan sambal berdiri. Meskipun olahragayoga sangat sederhana, yoga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Dengan yoga, perdaran darah akan menjadi lebih lancer, tubuh menjadi lebih ringan, nyaman dan segar kembali karena dapat meregangkan otot yan tegang. Dan yang paling penting yoga bisa mengontrol emosi sehingga bisa memperbaiki mood sehingga bisa memicu pekerja kantoran menjadi lebih produktif. Jadi, tidak ada alasan untukmu beralasan sulit meluangkan waktu untuk berolahraga karena yoga bisa dilakukan di Co-Working Space sekalipun.

 

Gerakan Yoga Saat di Tempat Sewa Ruang Co-Working Space

Meskipun Kamu bekerja di public space, Kamu teetap bisa melakukan gerakan yoga lho! Untuk melakukannya, Kamu tidak perlu menyiapkan tempat khusus dan waktu khusus. Gerakan yoga bisa dilakukan seperti:

1. Chest Opener

Pekerja kantoran sudah pasti menghabiskan waktu di depan layar. Bagian pnggung seringkali membungkuk karena posisi duduk yang tidak benar. Kebiasaan ini bisa memicu munculnya sakit pungggung. Nah, Kamu bisa melakukan gerakan chest opener yaitu kebalikan dari membungkuk. Maksudnya, Kamu bisa menekukan tubuhmu ke depan. Jika tubuh terasa kaku, cukup menekuknya sedikit saja.

2. Twisting

Gerakan memutar tubuh ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Twisting cukup ampuh dilakukan untuk meringankan pegal-pagal di bagian pinggang dan punggung. Caranya mulailah dengan mengakkan punggung lalu bersadar ke depan setelah itu tegak ke posisi semula. Baru putar bagian atas tubuh ke kiri dank e kanan secara bergantian. Tingkat putarannya cukup sebiasanya saja. Jika kesulitan, bisa dibantu dengan berpergian dengan leher kursi.

 

Baca Juga: Mencari Ruang Event Hits di Jakarta? Ikuti Tips Ini!

 

3. Angkat Satu Kaki

Gerakan satu ini dapat dilakukan sejenak di lantai Co-Working Space atau kantormu. Angkat satu kaki dan satu kaki lainnya menopang kaki tersebut. Cara ini bisa mengatasi masalah otot kaki yang kerap terasa pegal karena terlalu banyak duduk. Selain itu, gerakan ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah otot bagian bawah pinggang agar kembali nyaman dan juga melancarkan aliran oksigen di bagian bawah tubuh.

4. Tubuh Menekuk Sambil Duduk

Dengan posisi duduk, cobalah untuk menekukan bagian atas tubuh ke bawah. Jika kamu mampu melakukannya, coba rekuk tubuh hingga tangan menyentuh lantai. Akan tetapi, jika terasa sakit dan kaku, kamu cukup menekuk tubuh semampu Kamu saja. Ingat ya, jangan terlalu dipaksakan! Jangan sampai gerakan ini justru membuat badanmu terasa lebih nyeri dan menghambat pekerjaan.

5. Forward Bend

Gerakan yang terakhir, coba berdiri lalu tekuk badan ke bawah dengan posisi lengan lurus sambal berpegangan pada ujung kaki. Ingat, kaki dan punggung harus lurus dan meregang. Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot hamstring hingga punggung.

 

Bagaimana? Kelima gerakan yoga di atas sangat mudah diimplementasikan bukan? Tidak perlu merasa malu, meskipun Kamu bekerjanya di tempat terbuka seperti sewa ruang Co-Working Space. Yang perlu menjadi catatan, jangan sampai kegiatan ini mengganggu orang lain. Bahkan Kamu bisa melakukannya sambal mengajak orang lain lho1 hitung-hitung, sembari meregangkan otot,bisa juga meningkatkan networkmu.

 

Baca Juga: Izin Mendirikan PT dengan Domisili Apartemen Menurut Hukum Boleh atau Tidak?

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu