Breaking

blog single post
Scale

Dongkrak Level Startup Anda dengan 7 Cara Ini

Dalam konteks bisnis, terminologi ‘scale’ seringkali digunakan sebagai kependekan dari ‘scale up,’ yang bisa diartikan sebagai upaya pengembangan atau perluasan yang proporsional dan mendatangkan keuntungan.


Bila saat ini startup Anda berjalan lancar, itu bagus. Tapi jangan berhenti sampai di situ. Masa Anda tidak ingin keuntungan yang Anda dapat sekarang bisa semakin berlipat ganda? Nah untuk mencapai level itu dibutuhkan perencanaan yang seksama.  


Cara mempersiapkan startup Anda untuk naik level.

1. Perkuat pondasi bisnis

Sebelum memikirkan bagaimana strategi scalling up startup Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis Anda memiliki pondasi yang kuat.

  • Pastikan produk dan atau layanan Anda menjangkau pasar yang tepat

  • Lakukan pengembangan secara bertahap berdasarkan feedback dan data pelanggan

  • Cari tahu marketing channel apa yang menghasilkan ROI terbesar dan lakukan scalling potential dengan melakukan test berbujet rendah

  • Pastikan Anda memiliki sumber daya untuk melakukan scale up dan cari pendanaan bila diperlukan.   


2. Otomatisasi segalanya

Manfaatkan teknologi dan seriuslah membangun sistem otomatisasi pada operasional startup Anda. Membangun sistem pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar namun percayalah ini akan berguna untuk jangka panjang. Bangunlah sistem penyimpanan

  • Bangunlah sistem pelatihan untuk karyawan-karyawan baru

  • Bangunlah sistem otomatis pembayaran gaji

  • Bangunlah sitem otomatisasi marketing


3. Boost content marketing

Content marketing merupakan salah satu metode yang bisa diterapkan untuk pertumbuhan bisnis, karena mengandung nilai-nilai informasi serta edukasi untuk pembacanya, dan bahkan memiliki potensi untuk menjadi viral.


4. Outsource tugas-tugas yang tidak krusial

Berbeda dengan perusahaan besar yang memiliki sederet orang pada setiap posisi berbeda, startup hanya membutuhkan orang-orang yang memegang posisi kunci dan menyerahkan tugas-tugas lainnya kepada pihak ketiga/ outsource.


5. Akrab dengan sosial media

Sosial media laksana etalase bagi startup. Apa yang ada didalamnya akan dilihat dan dinilai langsung oleh mata dunia. Konseplah sosial media Anda sesuai visi misi yang ingin dicapai sambil tetap memantau sosial media lain yang sejenis.


6. Pisahkan urusan bisnis dengan pribadi

Bisnis yang sehat adalah bisa tetap berjalan dengan atau tanpa anda di dalamnya. Cara untuk mencapai ini adalah dengan mendistribusi pekerjaan kepada orang-orang yang tepat supaya beban kerja terbagi rata. Sesekali Anda juga perlu mengambil cuti agar para kolega mandiri dan terbiasa dengan ketidakhadiran Anda.  


7. Mempekerjakan orang yang paling tepat

Sebuah bisnis bisa ditingkatkan bila memiliki sumber daya yang tepat.  

Berikut beberapa karakteristik karyawan yang dapat berguna:

  • Mereka dapat melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh mesin, robot dan sistem otomatisasi canggih lainnya

  • Memiliki ide-ide cemerlang

  • Multitalenta


Pada akhirnya, untuk menaikkan level startup Anda ke level berikutnya Anda haruslah memiliki sistem, sumber daya, dan rencana yang tepat.  



Baca juga: Kinerja Meroket Akibat Perlakuan Perusahaan yang Hangat

 



 



 






Sumber : inc.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu