Breaking

blog single post
Ecommerce System

Dorong Interaksi Pengunjung Web dengan Cara Ini

Halaman 'Hubungi Kami' pada sebuah website terkadang dianggap sebagai formalitas saja, yang penting ada. Tidak heran bila tampilan pada halaman ini ya begitu-begitu saja, tidak menarik apalagi membuat pengunjung website berkeinginan menuliskan pertanyaan atau tanggapan apapun di sana.


Apakah pernah diantara Anda para pembaca iseng saja menyoba meninggalkan komentar di kolom yang disediakan. Apakah ada tanggapan dari pihak yang bersangkutan? Bila ada, bisa dibilang mereka benar-benar memperhatikan respon dalam bentuk apapun yang datang dari pengunjung website. Namun bila tidak ada tanggapan ya kembali lagi kepada teori bahwa halaman 'Hubungi Kami' ini ternyata memang sekedar formalitas saja.


Secara garis besar, poin-poin berikut adalah unsur yang perlu ada di dalam halaman 'Hubungi Kami.'


  • Dorong agar pengunjung website merasa perlu mengontak pengelola web, baik itu individu ataupun perusahaan. Dan berikan juga gambaran mengenai bantuan yang akan didapatkan atas masalah yang dialami oleh pengunjung  
  • Sertakan alamat email serta nomor telepon yang aktif
  • Sediakan form isian singkat saja untuk diisi oleh pengunjung website, agar membantu pengelola website memahami siapa sih orang yang mereka hadapi
  • Sertakan tombol call-to-action untuk memberi pilihan bila pengunjung website bersedia mengisi form atau tetap di halaman tersebut
  • Tampilkan pencapaian seperti publikasi dari media atau artikel terbaru dari website tersebut
  • Sertakan tautan ke akun sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter sehingga pengunjung web juga bisa lebih mengenal lagi dengan bisnis Anda
  • Arahkan pengunjung ke halaman 'terima kasih' yang menjelaskan kapan dan dengan cara apa pengelola web akan mengubungi pengunjung web.


Berikut adalah contoh dari sebuah website luar negeri, TUNE, yang bergerak di bidang layanan mobile and performance marketingHalaman contact us dari website ini terdiri dari foto, penjelasan singkat, call to action, serta form.

 


Foto yang digunakan pada halaman ini memperlihatkan interaksi yang terjadi dia antara para profesional sehingga seperti memberi gambaran kepada pengunjung web bahwa pesan yang mereka tuliskan di halaman ini selayaknya meraka langsung hadir di sana dan bertanya langsung kepada CS mengenai hal tertentu.


Ajakan yang tertulis juga memberi kesan hangat dan kesiapan untuk membantu khususnya di bidang mobile marketing. Keakraban seperti ini menghadirkan rasa percaya dalam diri pengunjung website sehingga mereka tidak ragu untuk meninggalkan informasinya di dalam kolom isian. Dengan begitu Anda sudah merebut perhatian mereka dan juga data base yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis.


Mungkin kini sudah saatnya Anda menilai kembali apakah website Anda sudah ramah terhadap pengunjung?



 










 

Sumber : hubspot.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu