Breaking

blog single post
Working

Gaya Hidup yang Pas untuk Gaji Pas-pasan

Dipicu oleh maraknya berita mengenai mogok kerja para buruh yang menuntut kenaikan upah serta demonstrasi pengemudi transportasi online yang protes mengenai pemasukanyang berkurang akibat murahnya tarif yang ditagihkan kepada pelanggan, timbul rasa penasaran apakah memang seberat itu biaya hidup untuk hidup di Jakarta dan sekitarnya?


Sebagai informasi, Upah Minimum Regional DKI Jakarta tahun 2018 sudah ditetapkan sebesar Rp3.648.035, lebih rendah dibandingkan dengan wilayah penyokongnya seperti Bekasi yang mencapai Rp 3,8 Juta bahkan Karawang yang nyaris menyentuh angka 4 juta rupiah.


Dengan jumlah nominal yang seberapapun pada dasarnya kepandaian untuk mengatur keuangan serta menjalaninya dengan tertib adalah kunci untuk menjaga cash flow tetap sehat.

Metode 50-20-30  

Setiap kali menerima uang gaji, langsung 'amankan' 50%-nya untuk kebutuhan bulanan dari mulai sewa kos atau kontrakan, makan, belanja bulanan, pulsa dan paket data, asuransi dan atau cicilan kartu kredit, serta memberi ke orang tua.


50 persennya lagi dibagi dua menjadi 20% untuk disetorkan ke tabungan dan investasi sebagai persiapan rencana jangka panjang Anda. Ini hukumnya wajib! karena berfungsi sebagai jaring pengaman, dan jangan Anda sentuh sama sekali kecuali bila Anda benar-benar membutuhkannya.


30% lebihnya adalah hak Anda untuk menikmati hasil dari kerja keras Anda. Sepenuhnya bebas Anda keluarkan untuk berlibur, makan enak, belanja atau apapun yang Anda mau.


Nah tips jitu yang bisa membantu Anda mewujudkan gaya hidup hemat antara lain

  • Cari pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak jauh/ remote. Dengan begitu Anda akan banyak menghemat pengeluaran untuk ongkos. Dalam perhitungan kasar anggap saja dalam satu hari Anda mengeluarkan ongkos Rp 25.000 x 20 hari kerja maka Rp 500.000 bisa Anda sisihkan untuk keperluan lain.  


  • Atau sewa tempat untuk Anda bisa bekerja dengan akses internet terjamin seperti coworking space. Anda bisa menyewa perjam atau seharian termasuk untuk meeting dengan klien.


  • Tidak perlu memiliki segalanya dalam kondisi baru. Memanfaatkan sesuatu untuk beberapa fungsi lainnya akan lebih baik dalam menunjang gaya hidup hemat Anda!


Kembali ke pertanyaan apakah gaji standar UMR cukup untuk biaya hidup sebulan? Jawabnya adalah bisa, asalkan seseorang tidak memaksakan gaya hidup diluar kemampuannya dan pandai memutar otak agar menemukan cara untuk hidup hemat.


BACA JUGA: 7 Fakta Mengapa Remote Working Lebih Menyenangkan

 


 





Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu