Breaking

blog single post
People

Gaya Kerja Manakah yang Mencerminkan Diri Anda?

Pernahkah Anda mendengar rekan kerja yang mempertanyakan rekan kerja lain karena kelihatannya kok santai sekali kerjanya, atau bahkan Anda sendiri heran mengapa Anda merasa sibuk selama 8 jam penuh sementara yang lain bisa ngobrol pada jam kerja. Nah ternyata kebiasaan orang atau gaya seseorang dalam bekerja itu bisa dikelompokkan ke dalam 4 tipe berbeda yaitu Doing, Leading, Loving, dan Learning.

 

Dipercaya bahwa keempat gaya perlu ada di daam sebuah tim untuk saling menyeimbangkan. Dan keberadaan tim yang seimbang dapat berkontribusi baik terhadap organisasi.  


Doing

Orang-orang ini akan merasa aman bila tugas yang menjadi tanggung jawabnya berhasil diselesaikan. Mereka adalah tipikal orang yang memiliki fokus dan memperhatikan setiap detil. Ketika bekerja mereka cenderung lansung eksekusi dan melupakan pentingnya proses perencanaan. Mengomunikasikan apa saja yang mereka kerjakan pun kepada sesama personil tim pun terkadang dilupakan.  


Leading

Jiwa pemimpin ada pada orang dengan gaya kerja ini. Mereka begitu menginspirasi sehingga setiap ucapannya didengar, dipercaya dan dipatuhi oleh rekan-rekannya. Namun jeleknya, orang tipe seperti ini terkadang sering seperti tidak nyambung dengan rekan satu timnya.


Loving

Sensitifitas dan empati membuat si Penyayang suka membangun hubungan personal yang akrab dengan hampir semua orang. Bila Anda ingin mencari tahu apa yang sebenarnya dirasakan atau sedang dialami oleh para anggota tim, tanyakan saja pada si Penyayang yang punya info segalanya. Sayangnya, mereka buruk dalam mengerjakan tugas yang membutuhkan ketelitian tinggi.


Learning

Tipe yang satu ini suka belajar dan memahami sebuah permasalahan dengan cermat. Selain itu mereka juga disiplin dan mampu berpikir secara strategis dibanding kebanyakan orang. Namun begitu ia membutuhkan tim yang siap bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan.


Jadi, tidak perlu lagi kan mempertanyakan mengapa si A atau si B bisa terlihat santai dalam bekerja. Itu hanya pembawaan setiap orang yang berbeda-beda. Setiap orang punya gaya uniknya sendiri yang saling melengkapi sehingga menjadi kekuatan bagi tim. Jadi, yang mana gaya kerja Anda?



Baca juga: 5 Cara Membangun Budaya Kerja yang Sehat

 






 






Sumber : inc.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu