Breaking

blog single post
Edukasi

Hati-hati! Pastikan Kamu Tidak Kalap Belanja Saat Gaji Tiba

Di era digital ini, paket meeting online masih diminati bagi sejumlah orang, perusahaan atau startup. Apalagi perkembangan startup di Indonesia semakin meroket. Biasanya para startup, perusahaan bahkan perorangan mencari paket meeting online untuk menyewa ruangan pada saat meeting.

Saat ini banyak layanan paket meeting online bermunculan, salah satunya di SpotQoe.com. SpotQoe.com menghadirkan beragam paket meeting online yang bisa Kamu pilih ketika mengadakan meeting dengan rekan kerja. Selepas meeting menggunakan layanan paket meeting online dari SpotQoe, Kamu juga bisa berbelanja, pastinya setelah gajian tiba.

 

Kini belanja tak hanya digemari wanita saja, melainkan pria. Sejumlah orang lebih memilih belanja online di situs e-commerce. Sementara sebagian lagi lebih memilih belanja konvensional seperti di Department Store. 

 

Saat ini hadir beragam situs e-commerce yang bisa Kamu pilih untuk belanja. Begitupun dengan menjamurnya berbagai pusat perbelanjaan di hampir seluruh penjuru tanah air.

 

Terkadang belanja sudah tidak sekedar kebutuhan, melainkan sudah menjadi passion. Apalagi di momen tertentu seperti setiap akhir bulan, menjelang hari raya, menjelang bulan Ramadhan, libur sekolah dan momen lainnya sejumlah pusat perbelanjaan dan e-commerce sering mengadakan berbagai promo dan diskon menarik. Tentunya ini membuat orang yang berbelanja semakin kalap. Apakah Kamu salah satunya?

 

Jika kebiasaan belanja yang membuat lupa diri ini tidak segera diatasi, maka akan berdampak besar bagi Kamu, terutama dalam masalah keuangan. Untuk memastikan Kamu tidak kalap belanja saat gaji tiba, yuk ikuti tips berikut... 

 

Baca Juga: Gaya Hidup yang Pas untuk Gaji Karyawan Fresh Graduated
 

1. Buatlah Daftar Barang yang Perlu Dibeli

Sebelum melakukan belanja online, Kamu harus membuat daftar barang yang perlu Kamu beli. Buatlah daftar belanja barang yang Kamu perlukan saja. Selanjutnya tentukan budget yang Kamu miliki untuk membeli barang tersebut. Kemudian sesuaikan budget yang Kamu tentukan dengan total biaya dari semua produk yang Kamu beli. Daftar yang perlu dibeli ini dapat Kamu buat setelah meeting di ruang meeting melalui layanan paket meeting online. 

 

2. Dahulukan Kebutuhan Daripada Keinginan

Yang sering membuat kebanyakan orang kalap saat belanja adalah lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Untuk itu, sebaiknya beli suatu barang karena kebutuhan, bukan karena keinginan.

Biasanya situs e-commerce menawarkan promo dan diskon menarik di momen tertentu. Jangan mudah tergiur oleh tawaran dan promo menarik dari situs e-commerce. Promo dan diskon ini tentunya membuat biaya yang dikeluarkan untuk belanja lebih efisien.

 

3. Kenali Barang yang Akan Dibeli

Sebelum berbelanja online, sebaiknya kenali barang yang akan Kamu beli. Sebagai contoh, jika Kamu ingin membeli smartphone, cari informasi mengenai spesifikasi smartphone tersebut bisa melalui review video atau artikel yang dimuat di media atau situs online lainnya. Dengan begitu, Kamu dapat mengetahui kualitas barang yang akan Kamu beli agar tidak menyesal di kemudian hari. 

 

4. Kunjungi Situs E-Commerce dan Toko Retail Terbaik

Perkembangan situs e-commerce semakin meroket dengan menyajikan produk dan kategori serta harga yang bervariasi. Sama halnya dengan toko retail yang juga terus bervariasi dengan produk dan harga yang ditawarkan. Sebaiknya pilih e-commerce dan toko retail terbaik.


Baca Juga: Hal Penting dalam Menentukan Gaji Freelance

 

5. Pikirkan Kebutuhan Lain

Untuk mengontrol diri agar tidak kalap saat belanja, sebaiknya pikirkan bahwa Kamu memiliki kebutuhan yang lebih penting dari sekedar belanja. Dengan begitu, maka secara otomatis Kamu akan bisa membeli barang sesuai kebutuhan.

Semoga 5 tips tadi dapat membuat Kamu tidak kalap saat berbelanja online. Selamat mencoba.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu