Breaking

blog single post
People

Hindari Deadlock Saat Rapat dengan 4 Tips Ini

Pada hakikatnya, rapat diadakan untuk mencapai sebuah keputusan yang disetujui bersama untuk kemudian diwujudkan lewat tugas serta fungsi masing-masing divisi. Namun semakin karena diskusi seperti ini melibatkan banyak kepala, maka tidak jarang malah menemui kebuntuan (deadlock) dalam menghasilkan satu suara yang bulat. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda tempuh bila menghadapi situasi ini.

  • Istirahat/ Break

Topik rapat yang cukup serius sehingga membutuhkan pembahasan yang cukup lama sudah pasti dapat menjebak semua peserta ke dalam situasi yang jenuh. Istirahat selama 15 - 30 menit rasanya cukup untuk mengendurkan syaraf-syaraf otak yang tegang karena proses berpikir, sambil menyeruput kopi yang sudah disediakan. Bila perlu lakukan juga gerakan-gerakan ringan untuk meregangkan otot setelah berjam-jam duduk.  

  • Identifikasi Masalah Lewat Data

Waktu istirahat usai, kini saatnya kembali memusatkan pikiran untuk mencari solusi terbaik atas masalah yang dihadapi. Dan solusi ini bisa tercapai bilamana Anda memiliki data yang valid. Misalnya terjadi penurunan penjualan pada 3 bulan belakangan, maka Anda bisa melakukan survey kepada pelanggan untuk mengetahui apa letak masalahnya. Jangan hanya mengira-ngira atau berasumsi karena ini bisa berbahaya bagi keharmonisan kerja tim.  

  • Review Agenda Rapat

Ada baiknya juga bila Anda melihat kembali agenda rapat kali itu, mungkin saja karena pokok bahasannya yang terlalu banyak sementara waktu yang ada terbatas membuat peserta rapat seperti kehilangan fokus. Jika itu yang terjadi sebaiknya buat jadwal tambahan untuk membahas topik lainnya di lain hari. Hal ini juga bisa diantisipasi dengan mempersiapkan agenda rapat dengan lebih baik lagi.

  • Pengambilan Suara/ Voting

Bila pembahasan sudah berlarut-larut dan tidak juga menghasilkan titik temu, maka voting adalah jalan terakhir yang bisa ditempuh. Pimpinan rapat harus menentukan dua pilihan yang nantinya akan dipilih oleh semua peserta rapat. Suara terbanyak akan menentukan hasil rapat dan berlaku bagi semua.

Kebuntuan (deadlock) karena perbedaan pandangan pada saat rapat adalah wajar asalkan memang karena untuk mencapai keputusan yang terbaik. Salah satu cara mengantisipasi hal demikian, sekali waktu adakanlah rapat di luar kantor agar mendapat pencerahan.  


Baca juga: 9 Istilah Meeting Ini Sudah Pernah Anda Dengar?

Sumber : kompasiana.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu