Breaking

blog single post
Informasi

Hindari Kesalahan Ini Kalau Anda Tidak Ingin Salah Pilih Tempat Event!

Anda barangkali sudah paham pentingnya pemilihan tempat event yang tepat untuk keberhasilan acara nantinya. Nah, ketika Anda memilih lokasi acara, hindari kesalahan seperti yang diulas berikut ini agar nanti tidak salah pilih!


Bersikeras Hanya Ingin Menggunakan Venue Tertentu

Ketika merencanakan sebuah acara, salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang-orang adalah memilih hanya satu venue tertentu saja, bahkan sebelum merencanakan detail acara. Hal ini biasanya dilakukan oleh para calon pengantin yang sudah bermimpi ingin melaksanakan resepsi di lokasi tertentu. Sayangnya, secara umum tidak ada yang namanya satu tempat event yang sesuai untuk segala jenis acara. Sebab, pada akhirnya akan ada keterbatasan yang mengganjal, baik dari lokasi tersebut atau dari Anda sebagai penyelenggara acara. Jadi, rencanakan acara Anda terlebih dahulu secara masak untuk menentukan kriteria yang ideal sebagai lokasi penyelenggaraan.


Meremehkan Pentingnya Lokasi Tempat Acara

Terlepas dari apakah Anda ingin memaksimalkan angka kehadiran di acara Anda nanti atau membangun jaringan koneksi bisnis yang lebih luas dan kuat, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa audiens acara nanti bisa mengakses tempat event dengan mudah. Jadi, lokasinya jelas merupakan sebuah pertimbangan penting. Sebab, tak jarang sebuah acara yang menarik banyak perhatian audiens tidak menunjukkan angka kehadiran yang sesuai target karena lokasinya yang sulit dijangkau.


Memilih Venue dengan Spot Branding yang Tidak Memadai

Hal ini terutama penting bagi acara korporasi atau bisnis, yang memang salah satu tujuan utamanya adalah meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat. Jadi, tempat event yang tidak menyediakan cukup ruang untuk memajang tanda brand atau merek Anda tentu tidaklah ideal, baik itu spanduk, banner, roll up, dan sebagainya. Dan karena alasan inilah mengapa perencanaan acara yang mendetail dan menyeluruh sangat penting dalam membantu menentukan lokasi event yang sesuai. Sebab, dengan demikian maka tujuan dari penyelenggaraan acara tersebut pun dapat tercapai secara efektif dan efisien.


Mengabaikan Detail Acara

Ketika Anda merencanakan sebuah acara, pastinya ada berbagai hal penting yang jadi pertimbangan dan pembahasan. Misalnya sasaran audiens dan jumlah pengunjung yang disasar. Sebab, selain kebutuhan akan ruang yang cukup untuk branding, tentunya Anda ingin agar pilihan tempat event Anda bisa menampung para pengunjung tanpa membuat mereka berdesak-desakan, bukan? Sekadar membuat estimasi yang seakurat mungkin pun sudah cukup, dimana venue yang terlihat kosong karena kapasitasnya terlalu besar untuk jumlah pengunjung yang Anda targetkan tentu memberikan kesan yang buruk juga, baik bagi pengunjung maupun pengelola venue tersebut.


Tidak Mencermati Harga dan Fasilitas yang Ditawarkan

Walaupun Anda memiliki keterbatasan anggaran, bukan berarti Anda lantas bisa bebas memilih tempat event yang harga sewanya termurah. Selalu cermati apa saja fasilitas yang akan Anda dapatkan dengan harga yang dibayarkan untuk menghindari salah paham maupun kerepotan di kemudian hari. Selain itu, Anda pun bisa terhindar dari “perangkap” biaya-biaya tambahan yang rupanya tidak termasuk dalam harga yang disetujui sebelumnya.


Tidak Mempertimbangkan Ketersediaan Area Parkir

Tidak semua pengunjung akan menggunakan sarana transportasi umum, baik itu bus atau taksi, ketika menghadiri acara Anda nanti. Jadi, untuk menghindari rasa jengkel para tamu yang membawa kendaraan pribadi, selalu pastikan bahwa tempat event pilihan Anda menyediakan ruang parkir yang cukup bagi para pengunjung. Jika ruang parkir yang ada dirasa kurang atau bahkan tidak ada sama sekali, cari apakah ada alternatif ruang parkir di sekitar venue yang dapat dimanfaatkan.


Menyepelekan Pentingnya Inspeksi Venue

Walaupun saat ini Anda bisa sepenuhnya yakin kalau foto-foto tempat event yang akan Anda pesan 100% asli, baik itu dari manajemen venue langsung, rekanan bisnis Anda, maupun internet, tetap yang paling dianjurkan adalah untuk mengunjungi lokasinya langsung untuk melakukan inspeksi. Hal ini bukan sekadar untuk memastikan bahwa foto-foto yang Anda terima 100% asli, tapi juga untuk melihat sendiri seperti apa lokasinya. Dengan begitu, Anda pun bisa merencanakan tata letak ruangan untuk hari H nanti dengan lebih teliti dan akurat.



Baca Juga : Ciri-Ciri Acara yang Sukses dan Cara Untuk Mendapatkannya

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu