Breaking

blog single post
Informasi

Ide Tempat Event Unik yang Seru untuk Acara Terbaik yang Bisa Anda Coba Sekarang!

Apakah Anda adalah seorang event planner atau sering kebagian tugas untuk mengurusi acara kantor, kampus, atau organisasi apapun tempat Anda bergabung? Kalau iya, maka Anda barangkali sudah paham betapa pentingnya pemilihan tempat event untuk kesuksesan acara yang Anda tangani.


Tempat Venue Bukan Lagi Sekadar “Tempat”

Keputusan pemilihan tempat event juga menjadi cukup rumit begitu Anda menyadari bahwa tempat tersebut bukan sekadar ruang bagi orang-orang hanya untuk duduk dan mendengarkan pembicara di atas panggung. Dan tempat acara juga bukan hanya sebuah ruang bagi para peserta atau partisipan menikmati makanan maupun minuman. Justru, sebuah lokasi event sekarang sudah menjadi bagian utama dari pengalaman itu sendiri, sehingga sangat menentukan kesan yang dirasakan oleh para tamu.

Di satu sisi, ballroom atau ruangan meeting di sebuah hotel cenderung memiliki desain yang serupa antara satu dengan lainnya, tak peduli kelas dari hotel tersebut. Padahal, jenis-jenis tempat seperti itulah yang paling sering dipilih oleh para penyelenggara sebuah acara. Tapi, Anda tidak perlu terus-terusan mengikuti formula yang sudah lama karena Anda bisa cari pilihan tempat event yang dijamin fresh dan berbeda dari yang lain. Penasaran?


Perubahan Tren Event Space

Beberapa tahun terakhir ini, sudah terjadi perubahan dalam tren terkait pemilihan tempat event, yang bahkan juga sudah dibuktikan oleh data. Meskipun ruangan di hotel atau convention hall masih jadi pilihan yang populer, rupanya data menunjukkan adanya peningkatan jumlah peminat lokasi event yang justru dianggap unik dan tak biasa. Hal ini pun didukung dengan keinginan para tamu yang juga ingin menikmati pengalaman ekstra selain sekadar menghadiri acara. Bahkan, ada juga pengunjung yang tak berkeberatan kalaupun acara tersebut diadakan di sebuah tempat yang sebenarnya memang tidak didesain untuk mengadakan sebuah event.


Tapi, Perhatikan Ini Terlebih Dahulu….

Meskipun tren pemilihan tempat event yang unik dan tidak biasa semakin meningkat, bukan berarti Anda lantas sembarang memilih tempat yang 100% tak terduga. Perhatikan juga kebutuhan serta keinginan klien Anda, beserta brand image yang mereka bawa. Tentunya, jika klien Anda adalah sebuah organisasi yang elit dan prestisius, maka pilihan lokasi acara yang sesuai juga harus memiliki brand image yang sama-sama berkelas.


Selain itu, tentunya pertimbangkan pula jenis acara yang akan diselenggarakan agar pilihan lokasinya nanti dapat memaksimalkan pengalaman yang dirasakan oleh para audiens. Apakah acara tersebut merupakan sebuah sesi terstruktur yang membutuhkan presenter serta alat multimedia? Atau apakah acara itu nantinya juga memiliki sesi informal yang terbuka dan mengalir agar para audiens dapat saling berinteraksi dan membangun networking? Atau apakah acara itu adalah sebuah social event yang menyajikan makanan dan minuman?


Aturan Dasar Pemilihan Event Space Unik

Secara garis besar, maka Anda dapat merangkum pemilihan tempat event yang tak biasa ke dalam beberapa aturan dasar berikut ini:

  1. Temukan lokasi yang paling efektif dalam mendukung tujuan acara tersebut.
  2. Bangun ruang acara agar audiens paham mereka sedang berada di mana.
  3. Kombinasikan dengan properti, pengaturan tata letak, dan fasilitas lainnya yang sesuai dengan lokasi, tema acara, dan tujuan acara.
  4. Berikan sesuatu yang bisa dilihat, didengar, dilakukan, dan dipelajari audiens sepanjang acara dalam cara yang tak terduga.


Contoh Ide Lokasi Event Unik

Berikut ini adalah beberapa ide tempat event unik yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Lapangan parkir atau tanah kosong.

Ide ini sebenarnya sudah tak lagi asing, dan Anda sekarang sudah bisa melihatnya dalam perspektif lain, terutama jika Anda akan menangani acara outdoor. Bahkan opsi ini bisa dipilih untuk acara seperti talkshow. Misalnya, hubungi komunitas penggemar mobil tua dan jadikan jajaran mobil sebagai pengganti kursi tamu.

  • Nightclub di siang hari.

Karena nightclub beroperasi di malam hari, Anda bisa manfaatkan ruang dan segala fasilitas yang ada dan menganggur di siang hari untuk acara Anda. Bahkan jika tamu harus “terpaksa” duduk berjam-jam mengikuti acara, setidaknya pengalaman menghadiri event di sebuah nightclub di siang hari akan jadi hal yang membuat mereka excited, bukan?

  • Galeri seni atau sekolah seni.

Apapun pilihan Anda, berbagai karya seni yang tersaji di pilihan tempat event yang satu ini jelas akan membuat bahkan acara yang terasa formal sekalipun menjadi seru dan mampu menarik perhatian banyak pengunjung yang datang.



Baca  Juga : Tempat Meeting Unik di Dunia

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu